Antisipasi Jumlah Kementerian Prabowo, DPR Ingin Tambah Komisi

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 24 Sep 2024 16:30 WIB

Ketua DPR periode 2019-2024 Puan Maharani mengatakan penambahan Komisi DPR periode 2024-2029 sedang dalam tahap pematangan. Ketua DPR Puan Maharani memimpin rapat paripurna DPR beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Khaira Ummah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPR Puan Maharani mengungkap kesempatan pihaknya bakal menambah jumlah komisi untuk periode 2024-2029. Menurut Puan, wacana itu tetap dalam tahap pematangan.

"Ini lagi dimatangkan," kata Puan di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (24/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menjelaskan wacana penambahan komisi di DPR seiring berita pemerintah mendatang di bawah kepresidenan Prabowo Subianto bakal menambah jumlah kementerian dan lembaga. Menurut Puan, perihal itu perlu disesuaikan pula oleh DPR sebagai mitra kerja pemerintah.

"Kan dengan rencana penambahan kementerian, sepertinya ada kemungkinan kudu ada penambahan komisi untuk bisa kemudian memperkuat kemitraan antara pemerintah dengan legislatif," kata dia nan juga Ketua DPP PDIP itu.

"Jadi itu kita sedang godok dan sesuai mekanismenya kan kita laksanakan ya sesuai dengan mekanismenya," imbuh Puan.

Sementara, Wakil Ketua DPR Lodewijk Friederich Paulus mengatakan penambahan jumlah komisi sebagai sesuatu nan lumrah. Apalagi, pada periode sebelumnya beberapa komisi juga mempunyai beban tugas lebih.

Lodewijk mencontohkan Komisi IV nan dinilai terlalu banyak menjadi mitra kerja pemerintah. Mulai dari bagian Pertanian; Lingkungan Hidup dan Kehutanan; dan Kelautan dan Perikanan.

"Contoh nan sekarang beban tugas nan berat itu adalah di Komisi 4. Cukup banyak. Belum lagi ada penambahan badan lembaga," kata dia nan juga politikus Golkar itu.

(thr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional