BPBD DKI Edukasi Pegawai Wali Kota Sebelum Gelar Simulasi Megathrust

Sedang Trending 4 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 25 Sep 2024 16:19 WIB

BPBD DKI rencananya bakal menggelar simulasi menghadapi akibat megathrust Selat Sunda pada awal Oktober mendatang. Ilustrasi simulasi gempa di area perkantoran Jakarta. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengedukasi pegawai di kantor-kantor walikota mengenai kesiapsiagaan menghadapi ancaman megathrust segmen Selat Sunda.

Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang mengatakan edukasi itu dilakukan sebelum pihaknya menggelar simulasi gempa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Di minggu ini kami tetap dalam tahapan edukasi kepada para pegawai di lingkungan walikota dan finalisasi skenario simulasi nan kelak bakal dilaksanakan pada awal Oktober," kata Michael saat dihubungi, Rabu (25/9).

Meski begitu, Michael mengatakan BPBD DKI Jakarta belum menentukan waktu penyelenggaraan simulasi tersebut.

BPBD DKI Jakarta sebelumnya mengungkap sejumlah potensi dan akibat nan bakal terjadi akibat gempa bumi megathrust segmen Selat Sunda bagi wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Megathrust Selat Sunda disebut bisa menimbulkan guncangan nan sangat besar, apalagi bisa berpotensi tsunami.

Meski Jakarta tidak langsung menghadap Samudra Hindia, namun gelombang tsunami nan sangat besar tetap berpotensi mencapai pesisir utara Jakarta dari arah selatan.

"Kota-kota pesisir di sekitar Jakarta seperti Banten dan Anyer, lebih berisiko terkena akibat langsung dari tsunami," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI Jakarta, Mohamad Yohan.

(lna/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional