Bupati Situbondo Gugat KPK Usai Ditetapkan Tersangka

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 24 Sep 2024 07:49 WIB

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengusulkan permohonan praperadilan ke PN Jakarta Selatan lantaran tidak terima ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Bupati Situbondo Karna Suswandi mengusulkan permohonan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan lantaran tidak terima ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengajukan permohonan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan lantaran tidak terima ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Dilansir dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jaksel, Karna Suswandi mendaftarkan permohonan pada Selasa, 17 September 2024. Permohonan itu telah teregister dengan nomor perkara: 92/Pid.Pra/2024/PN JKT.SEL.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Klasifikasi perkara: sah alias tidaknya penetapan tersangka," demikian dilansir dari laman SIPP PN Jakarta Selatan, Senin (23/9).

Laman SIPP PN Jakarta Selatan tidak menampilkan petitum komplit permohonan tersebut. Nama pengadil tunggal nan bakal menangani perkara juga belum dapat ditampilkan.

Sidang perdana perkara ini dijadwalkan berjalan pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Dikonfirmasi terpisah, KPK melalui Juru Bicara Tessa Mahardhika Sugiarto mengaku belum mendapat info mengenai permohonan Praperadilan tersebut. Hanya saja, terang dia, KPK pasti siap menghadapi gugatan nan dilayangkan oleh tersangka.

"Saya belum terinfo mengenai perihal tersebut, namun jika betul nan berkepentingan mengusulkan gugatan Praperadilan, KPK mempersilakan penggugat menggunakan kewenangan melakukan gugatan Praperadilan dan KPK bakal menghadapi serta mengawal prosesnya melalui biro norma sesuai patokan nan berlaku," ucap Tessa di Kantornya, Senin.

Ia memastikan proses investigasi dalam kasus Karna Suswandi telah dilakukan sesuai dengan prosedur norma nan berlaku.

"KPK bekerja secara ahli dan prosedural, sehingga apa pun nan kelak disajikan di sidang Praperadilan tersebut tentunya bakal sesuai dengan prosedur alias patokan norma nan berlaku," kata Tessa.

Saat ini KPK sedang mengusut kasus dugaan korupsi pengelolaan biaya pemulihan ekonomi nasional (PEN) di Pemkab Situbondo serta pengadaan peralatan dan jasa (PBJ) tahun 2021-2024.

Berdasarkan sumber CNNIndonesia.com, KPK telah menetapkan dua orang tersangka ialah Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Situbondo Eko Prionggo.

Karna Suswandi hingga sekarang belum ditahan. Ia kembali mencalonkan diri sebagai bupati dalam Pilkada tahun ini.

(ryn/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional