Eks Kapolda Jatim Nico Afinta Dilantik Jadi Sekjen Kemenkumham

Sedang Trending 4 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolda Jawa Timur nan dicopot akibat kasus tragedi Kanjuruhan, Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta, dilantik menjadi Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Sebelum memegang kedudukan ini, Nico merupakan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (STIK Lemdiklat Polri). Pelantikan dilakukan di Graha Pengayoman Kemenkumham pada Selasa (24/9).

Nico menggantikan Komisaris Jenderal Andap Budhi Revianto nan telah menjabat sebagai Sekjen Kemenkumham sejak 2021 lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas berambisi Nico dapat membawa perubahan nan lebih baik, lantaran posisi nan diamanahkan sangat strategis dan krusial, merupakan tulang punggung dalam manajemen dan manajemen di kementerian.

"Saya berambisi sebagai Sekretaris Jenderal, kerabat bukan hanya sekedar pemimpin, tetapi juga sebagai penggerak perubahan," ujar Supratman saat memberikan sambutan pada Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Sekretaris Jenderal, Staf Ahli Menteri dan Pejabat Ahli Utama di lingkungan Kemenkumham.

Supratman meminta Nico tidak hanya membantu Kemenkumham untuk mencapai visi dan misi, tetapi juga menjaga kepercayaan publik.

"Tanggung jawab ini tentu saja bukanlah perihal nan ringan, namun saya yakin, dengan pengalaman dan keahlian nan kerabat miliki, kerabat bakal bisa meneruskan jejak baik dan tongkat estafet kepemimpinan ini," kata Supratman.

Dalam kesempatan tersebut, Supratman turut mengapresiasi keahlian dan dedikasi serta melantik Andap Budhi Revianto sebagai Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham dan Sofyan sebagai Penyuluh Hukum Ahli Utama.

"Saya dan seluruh jejeran mau mengucapkan terima kasih, dan memberikan penghormatan kepada kerabat Andap Budhi Revianto atas kerja keras, komitmen, dedikasi dan pengabdian nan telah diberikan selama menjabat. Semoga dengan kedudukan baru nan diemban dapat memberikan kontribusi nan lebih mendalam bagi Kementerian Hukum dan HAM," ucap Supratman.

Ia pun berambisi momen tersebut menjadi titik tolak baru nan bakal menuntun pada langkah-langkah konkret dalam menjaga dan meneruskan roda organisasi Kemenkumham agar tetap melangkah sesuai dengan visi dan misi nan telah ditetapkan.

"Setiap perseorangan mempunyai peran dan kontribusi nan sangat berfaedah dalam organisasi. Mari kita bersama-sama bekerja keras, saling berkolaborasi, dan berbagi pengetahuan demi tercapainya tujuan bersama," ucap Supratman.

Nico Afinta merupakan perwira tinggi bintang dua di Kepolisian Negara Republik Indonesia. Pria kelahiran Surabaya, 30 April 1971 ini juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya.

Sejumlah kedudukan strategis pun pernah diembannya, di antaranya Kapolda Jatim, Kapolda Kalsel, dan Dirtipidum Bareskrim Polri.

(ryn/dna)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional