Jokowi Apresiasi TNI-Polri usai Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi tim campuran TNI/Polri nan sukses membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, pada Sabtu (21/9) usai disandera 1,5 tahun di Papua.

Jokowi mengatakan upaya negosiasi panjang TNI/Polri demi menyelamatkan Philip sangat baik lantaran dilakukan dengan sabar tanpa tindakan represif.

"Ya ini kan proses negosiasi nan sangat panjang dan kesabaran kita untuk tidak melakukan dengan represif sehingga nan kita prioritaskan adalah keselamatan dari pilot nan disandera hingga proses panjang nan telah dilakukan TNI/Polri sudah sangat bagus, saya sangat mengapresiasi," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi juga menyampaikan Philip setelah dibebaskan bakal dibawa dari Yaguru, salah satu kampung di Distrik Mebarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan. Baru setelah itu dia diterbangkan ke Timika.

Dalam kesempatan itu, Jokowi pun menyampaikan pesan agar tak ada lagi peristiwa penyanderaan nan terulang di masa depan.

Ia berujar setiap aktivitas di Papua, seperti membangun prasarana jalan maupun jembatan, mesti didampingi oleh abdi negara keamanan.

"Dalam setiap aktivitas di Papua saya selalu menekankan agar didampingi oleh pihak abdi negara keamanan. Dalam membangun prasarana jalan, membangun jembatan, agar didampingi oleh pihak abdi negara keamanan alias pilot nan membawa logistik sampai ke Nduga sampai ke Wamena, sampai di puncak, ini semuanya kudu ada dikawal oleh TNI/Polri untuk keamanannya. Membangun jembatan juga kudu ditunggui oleh abdi negara keamanan sehingga semuanya melangkah dengan baik dan tidak ada lagi peristiwa penyanderaan seperti ini," kata Jokowi.

Philip Mark Mehrtens sukses dibebaskan hari ini, Sabtu (21/9), usai disandera golongan pidana bersenjata (KKB) di wilayah Kabupaten Nduga, Papua, selama 1,5 tahun.

Pilot asal Selandia Baru itu sekarang telah berada di Timika berbareng Tim Gabungan TNI-Polri nan tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

"Ya betul sekali, hari ini kami sukses menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika," kata Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno dalam keterangan tertulis nan diterima CNN Indonesia, Sabtu (21/9).

Philip langsung dibawa ke ruangan unik untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil.

Menurut Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 menggunakan soft approach dalam upaya pembebasan.

Philip disandera sejak 7 Februari sesaat setelah mendaratkan pesawat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Saat peristiwa itu terjadi, pesawat nan dibawa Philip terbakar. Setelahnya, TPNPB-OPM mengaku jadi pihak di kembali tindakan pembakaran pesawat serta menahan pilot pesawat.

(blq/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional