Jokowi Dukung Prabowo Bentuk Zaken Kabinet: Bagus Sekali

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung rencana Presiden terpilih, Prabowo Subianto, membentuk zaken kabinet dalam pemerintahannya per Oktober mendatang.

Ditemui di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (21/9), Jokowi menilai pendapat tersebut sangat baik lantaran seluruh jejeran menteri bakal membantu efisiensi kerja pemerintah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Bagus sekali. Artinya memang kabinet nan bekerja, kabinet nan setelah dilantik bakal segera bergerak, bekerja, dan tidak menghabiskan waktu untuk perihal nan tidak perlu, saya rasa bagus sekali," kata Jokowi.

"Saya percaya kabinet [Prabowo] bakal sangat bagus sekali," katanya.

Saat ditanya mengenai jumlah kementerian nan berpotensi lebih banyak, Jokowi menanggapi bahwa perihal itu merupakan kewenangan prerogatif presiden.

Ia juga menjawab perihal nan sama ketika ditanya mengenai kesempatan PDIP masuk dalam kabinet Prabowo Subianto.

"Ditanyakan kepada Presiden terpilih. Kewenangan itu kewenangan prerogatif presiden," ucap Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani sebelumnya mengatakan Prabowo mau membentuk zaken kabinet pada masa pemerintahannya mendatang.

Prabowo disebut mau jejeran menteri diisi para mahir di bagian masing-masing.

"Pak Prabowo mau ini adalah sebuah pemerintahan zaken kabinet, di mana nan duduk adalah orang-orang yg mahir di bidangnya, meskipun nan berkepentingan berasal alias diusulkan dari parpol," kata Muzani di Gedung DPR, Jakarta, Senin (9/9).

Muzani mengatakan langkah itu dilakukan agar kementerian di Indonesia betul-betul dipimpin oleh orang nan mahir dan relevan dengan kementerian tersebut.

"Sehingga tidak kehilangan relevansinya di kedudukan nan diduduki lantaran nan berkepentingan mempunyai skill dari kedudukan nan disandang," katanya.

Zaken kabinet adalah jenis kabinet pemerintahan nan anggota-anggotanya dipilih berasas skill dan kompetensi mereka di bagian tertentu, dan bukan lantaran hubungan politik. Istilah "zaken" berasal dari bahasa Belanda nan berfaedah "urusan" alias "masalah".

Dalam konteks pemerintahan, zaken kabinet berfaedah kabinet nan dibentuk untuk menangani urusan alias masalah tertentu dengan mengandalkan skill para anggotanya.

(blq/end)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional