Komnas HAM: Pembubaran Paksa Diskusi di Kemang Langgar Hak Asasi

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 29 Sep 2024 13:46 WIB

Komnas HAM menyatakan pembubaran secara paksa obrolan FTA di salah satu hotel di Kemang melanggar kewenangan atas kebebasan berekspresi dan berpendapat. Komnas HAM menyatakan pembubaran secara paksa obrolan FTA r di salah satu hotel di Kemang melanggar kewenangan atas kebebasan berekspresi dan berpendapat. (Dok. FTA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyatakan pembubaran secara paksa obrolan Forum Tanah Air di salah satu hotel di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9), melanggar kewenangan atas kebebasan berekspresi dan berpendapat. Selain itu, juga melanggar kewenangan atas kebebasan berkumpul secara damai.

"Komnas HAM menyesalkan adanya pembubaran dan penyerangan obrolan FTA tersebut nan mana tindakan ini melanggar kewenangan kebebasan beranggapan dan berekspresi; dan kebebasan berkumpul secara damai," ujar Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro dalam keterangan persnya, Minggu (29/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Komnas HAM, lanjut Atnike, menekankan tanggung jawab negara atas agunan perlindungan kewenangan setiap orang beranggapan dan berekspresi serta berkumpul secara damai.

Secara paralel, dia meminta pihak kepolisian untuk segera melakukan proses penegakan norma terhadap pihak-pihak nan membubarkan obrolan tersebut.

"Juga perlu penegakan norma untuk kasus-kasus nan sama di masa lampau khususnya pelakunya aktor-aktor non-negara," ucap dia.

Adapun tim campuran Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Selatan telah mengamankan lima orang mengenai kasus pembubaran obrolan Forum Tanah Air di Kemang. Dua di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Mereka dijerat dengan Pasal pengrusakan dan penganiayaan dengan ancaman pidana penjara 2 tahun 6 bulan hingga 5 tahun 6 bulan berasas Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Polisi belum merilis identitas para tersangka tersebut.

(ryn/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional