KPU Target Hitung Suara Pilkada 2024 di TPS Rampung Pukul 19.00

Sedang Trending 4 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 24 Sep 2024 22:30 WIB

Komisioner KPU mengatakan penghitungan bunyi di tingkat TPS paling lambat setidaknya bisa selesai sebelum pukul 21.00. Komisioner KPU RI Idham Holik. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Jakarta, CNN Indonesia --

KPU menargetkan proses penghitungan bunyi di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada serentak 2024 bisa selesai paling lambat jelang waktu Isya pada hari pencoblosan, 27 November 2024.

Sebagai info merujuk ke laman Jadwal Salat di situs Kemenag, masuknya waktu Isya di Indonesia pada umumnya adalah sekitar pukul 19.00 hingga 19.50-an waktu setempat di masing-masing daerah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami percaya kelak ke depan sepertinya menjelang Isya alias [paling lambat] jam 21.00 malam sepertinya sudah selesai proses kalkulasi bunyi di TPS," kata Komisioner KPU RI Idham Holik  dalam uji publik Rancangan PKPU Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada, Jakarta, Selasa (24/9).

Idham menjelaskan pemungutan dan kalkulasi bunyi di tingkat TPS bakal dilakukan berbareng di tanggal 27 November 2024.

Terlebih, dia mengatakan proses penghitungan bunyi tak menyantap waktu lampau lantaran penduduk hanya maksimal dua surat suara, ialah surat bunyi Pilkades level Pilgub dan Pilkada kabupaten/kota.

"Satu TPS maksimal 600. Kami sudah lakukan simulasi. Simulasi di Depok, Jabar dan Maros, Sulsel," kata dia.

KPU RI sebelumnya telah mencatat total terdapat 1.553 pasangan calon nan sudah ditetapkan menjadi peserta Pilkada 2024 dari 1.561 pendaftar.

Dari total jumlah itu, sebanyak 103 merupakan pasangan calon gubernur-wakil gubernur, 1.166 pasangan calon bupati-wakil bupati dan 284 calon wali kota-wakil wali kota. Selain itu, ada sebanyak 53 pasangan nan berasal dari jalur perseorangan.

(rzr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional