KPU Tetapkan Khofifah, Risma, dan Luluk Bertarung di Pilgub Jatim 2024

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur resmi menetapkan tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur peserta Pemlihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024.

Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi mengatakan berasas serangkaian pemeriksaan persyaratan pencalonan, syarat calon dan verifikasi berkas, tiga pasangan calon nan mendaftar dinyatakan diterima jadi peserta pada Pilkada serentak 2024.

"Berdasarkan proses verifikasi berkas, baik persyaratan pencalonan maupun syarat calon, dan beberapa persyaratan nan lain sudah kami periksa semua melalui tim verifikator kami dan ketiganya kami nyatakan diterima," kata Aang di kantornya, Minggu (22/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tiga paslon peserta Pilgub Jatim itu adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil), Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans), dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim (Luluk-Lukman).

Selanjutnya, kata Aang, tiga paslon itu bakal mengikuti pengundian nomor urut melalui rapat pleno terbuka di ballroom Hotel Mercure Darmo Surabaya mulai pukul 12.00 WIB, Senin (23/9).

Setiap paslon bakal diundang dan diperbolehkan membawa 150 orang pendukung ke dalam arena, termasuk jejeran partai politik pengusung.

"Dan Jatim secara resmi per hari ini ada tiga paslon nan sudah ditetapkan dan selanjutnya bakal mengikuti proses pengundian nomor urut di tanggal 23 september 2024," ucapnya.

Setelah itu tahapan dilanjutkan dengan deklarasi kampanye tenteram nan diikuti seluruh paslon beserta pendukungnya di Tugu Pahlawan, Surabaya, Selasa (24/9).

Sebelumnya, tiga paslon itu juga sudah lolos tes kesehatan jasmani dan rohani. Mereka juga dinyatakan tidak terindikasi melakukan penyalahgunaan narkotika.

"Kesimpulan pemeriksa tim kesehatan nan telah dibentuk oleh pihak RSUD dr Soetomo itu menyimpulkan dari tigas paslon nan dilakukan pemeriksaan untuk kesehatan jasmani dan rohaninya dianggap mampu," kata Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi di RSUD dr Soetomo Surabaya, Senin (2/9).

Duet petahana Khofifah-Emil disokong koalisi besar 15 partai nan terdiri atas PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda, dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).

Sementara Risma-Gus Hans diusung PDIP dan Hanura. Kemudian, Luluk-Lukman diusung PKB.

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional