Kronologi Pilot Philip Mehrtens Bebas Usai 1,5 Tahun Disandera KKB

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens sukses dibebaskan usai 1,5 tahun disandera oleh golongan pidana bersenjata (KKB) ketua Egianus Kogoya di Papua, Sabtu (21/9).

Philip Mehrtens disandera pada 7 Februari 2023 sesaat setelah mendaratkan pesawat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Saat peristiwa itu terjadi, pesawat nan dibawa Philip terbakar. Setelahnya, TPNPB-OPM mengaku jadi pihak di kembali tindakan pembakaran pesawat serta menahan pilot pesawat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Philip beberapa kali muncul dalam video nan disebarkan oleh OPM. Selain itu, OPM juga beberapa kali menyatakan bakal membebaskan Philip.

Pada awal Februari, tepat setahun setelah Phillip disandera, TPNBP OPM juga sempat merilis foto dan video Phillip, serta mengatakan bakal membebaskan Phillip atas dasar kemanusiaan. Dalam video itu, Phillip mengatakan bahwa tanggal video direkam adalah pada 22 Desember 2023.

Kemudian pada awal Agustus 2024, TPNPB-OPM juga mengatakan bakal membebaskan Philip dalam 1-2 bulan ke depan. Namun niatan ini dinilai beberapa pihak hanya propaganda.

Pekan lalu, TPNPB-OPM juga mengusulkan proposal pembebasan Philip. Dalam proposal nan dibagikan Jubir TPNPB-OPM Sebby Sambom, dibeberkan simulasi proses pembebasan pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut.

Salah satu poin dalam proposal itu adalah pemerintah Selandia Baru diminta menyiapkan pesawat sipil dengan rute Selandia Baru - PNG - West Papua (Jayapura). Pesawat diminta mendarat di Bandara Sentani untuk menunggu tim dari OPM nan menjemput Philip dari Nduga, Papua.

Saat itu Sebby mengatakan kepastian Philip dibebaskan menunggu persetujuan Pemerintah Indonesia dan Selandia Baru.

Merespons perihal itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz Kombes Bayu Suseno mengatakan pihaknya bakal berkoordinasi dengan stakeholder mengenai lainnya setelah memastikan kebenaran proposal.

"Penting bagi kami memastikan bahwa proposal ini betul-betul upaya serius untuk membebaskan pilot, mengingat KKB sebelumnya kerap membikin propaganda serupa," jelasnya dalam keterangan tertulis.

Hari ini Philip sukses dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri nan tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno menjelaskan bahwa Philip sukses dibebaskan dan dijemput oleh tim campuran bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kab Nduga.

Philip pun langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya betul sekali, hari ini kami sukses menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika" kata Bayu dalam keterangannya.

Selanjutnya Philip langsung dibawa ke ruangan unik untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Philip dalam keadaan stabil.

(lin/vws)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional