Menko Hadi Beber Progres Proyek Pusat Data di Cikarang, Batam, IKN

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 24 Sep 2024 03:00 WIB

Menko Polhukam mengatakan proyek pusat info nasional di Cikarang sudah 83 persen nan dananya pakai pinjaman Perancis, di Batam bakal pakai pinjaman Korsel. Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dikenal pernah menjadi Panglima TNI. (ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengungkapkan pemerintah sekarang tengah membangun tiga Pusat Data Nasional (PDN) di Cikarang, Batam, dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Pemerintah bakal membangun tiga PDN. Pertama adalah di Cikarang, kemudian di Batam dan ketiga di IKN," kata Hadi dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hadi mengatakan pembangunan tiga PDN ini berasal dari pinjaman lunak alias soft loan.

Ia menjelaskan pembangunan PDN di Cikarang mempunyai progres pembangunan sudah 83 persen. Pembangunan PDN Cikarang telah memanfaatkan soft loan dari pemerintah Perancis.

"PDN Cikarang beraksi 2026. Dan untuk mengelola PDN ini bakal dibentuk sebuah BLU di bawah Kemenkominfo," lanjutnya.

Sementara pembangunan PDN di Batam lahan untuk bangunannya sudah dibebaskan pihak Otorita Batam. Pembangunan PDN di Batam bakal memanfaatkan soft loan dari pemerintah Korea Selatan. Kemudian pembangunan PDN di IKN letak tanahnya sudah disiapkan Otorita IKN.

Hadi menjelaskan pemerintah memprioritaskan pembangunan PDN untuk mewujudkan prasarana info nan terintegrasi kondusif dan andal.

"PDNS nan saat ini beraksi akomodasi sementara. Hingga PDN nan permanen selesai. Dan PDN dirancang untuk konsolidasi info nasional agar efisien dan terpusat. Kita tingkatkan keamanan info lewat enkripsi lebih lanjut," kata eks Panglima TNI itu.

"Pembangunan PDN kita libatkan BSSN. Khususnya dalam pemenuhan keamanan siber," tambah Hadi.

(rzr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional