Menko Hadi soal Hasil Audit Pusat Data Diretas: Ada Celah Keamanan

Sedang Trending 6 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 23 Sep 2024 12:59 WIB

Hadi memastikan pemerintah terus melakukan perbaikan-perbaikan teknis nan relevan di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 belakangan ini. Menko Polhukam Hadi Tjahjanto. (ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengungkapkan adanya celah keamanan dalam Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya nan terkena serangan siber pada 20 Juni 2024 lalu.

Temuan ini dia sampaikan berasas hasil audit menyeluruh nan dilakukan pemerintah belakangan ini.

"Kami melakukan audit secara menyeluruh terhadap PDNS 2 di Surabaya. Hasil audit menunjukkan adanya beberapa celah keamanan kudu nan segera ditangani," kata Hadi dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hadi memastikan pemerintah terus melakukan perbaikan-perbaikan teknis nan relevan di PDNS 2 belakangan ini. Ia merinci progres perbaikan sistem, pemulihan dan proses dekripsi info di PDNS 2 sudah selesai per 8 Agustus 2024 lalu.

"Kurang lebih 1 bulan," kata Hadi.

Meski sempat alami serangan, Hadi menjelaskan pemerintah terus melakukan pembangunan ulang terhadap sistem di PDNS 2 dan bakal rampung pada September 2024.

Ia pun mengatakan pemerintah pertimbangkan untuk menggunakan kembali PDNS 2 lantaran ada pihak dari Kementerian/Lembaga tetap menyimpan info di PDNS 2.

"Dengan argumen keterbatasan SDM dalam pengaturan aplikasi dan pemindahan info jika kudu dipindah ke info center lainnya," kata eks Panglima TNI itu.

(rzr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional