Nomor Urut Pilgub Jatim Mirip Pilpres 2024, Paslon Anggap Kebetulan

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Pengundian nomor urut tiga Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada Pilkada serentak 2024 menjadi sorotan.

Pasalnya, nomor urut para paslon Pilgub Jatim itu identik dengan arah support politik ketiga kubu pengusung di Pilpres 2024 lalu.

Pertama, nomor urut 1 ialah Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim (Luluk-Lukman) nan diusung PKB. Nomornya identik dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) nan juga diusung PKB pada Pilpres 2024 lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikutnya paslon urut 2 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil), nan diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. Nomornya sama dengan pasangan pemenangan Pilpres 2024 Prabowo Subiano-Gibran Rakabuming Raka. Mereka juga diusung KIM.

Kemudian paslon urut 3, Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans) nan diusung PDIP dan Hanura, nomornya sama seperti Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024 lalu.

Menanggapi perihal itu, Cagub nomor 1 Luluk mengaku senang mendapat urut 1 di Pilgub Jatim, meski perihal itu mempunyai kesamaan seperti pasangan AMIN pada Pilpres 2024 lalu.

"Ya nomornya sama dengan AMIN ya, ya satu kebetulan nan indah. Anggap saja begitu," kata Luluk, usai mengikuti rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut calon gubernur dan wakil gubernur Jatim di Hotel Mercure, Surabaya, Senin (23/9).

Tak hanya soal nomor urut, Luluk mengatakan, dia berbareng Lukman juga mengusung semangat nan sama seperti AMIN ketika Pilpres lalu. Yakni perubahan.

"Tentu saja lantaran kami juga berangkat dari PKB, kami juga membawa dan mengusung semangat perubahan," kata dia.

Sedangkan cagub urut 2 Khofifah mengatakan nomor nan didapatnya adalah kebetulan belaka. Ia dan Emil pun sudah menyiapkan tiga macam pidato dan pantun agar siap dengan tiga kemungkinan nomor nan bakal didapatkan saat pengundian.

"Kita biasa seperti kawan-kawan mengetahui, kita menyiapkan pantun, jika nomor 1 bagaimana, jika 2 bagaimana, jika nomor 3 bagaimana, begitu juga Mas Emil menyiapkan parikan (puisi Jawa)," kata Khofifah.

Khofifah pun berterima kasih mendapatkan nomor urut 2. Baginya nomor ini adalah simbol optimisme dan semangat untuk mewujudkan periode kedua kepemimpinannya.

"Alhamdulillah kami tadi sudah mendapatkan nomor urut 2. Angka 2 ini melambangkan optimisme dan semangat untuk mewujudkan dua periode," ucapnya.

Sementara itu, Cawagub urut 3 Gus Hans, mengatakan semua nomor mempunyai makna nan baik. Ia pun tak terlalu mempermasalahkan soal kemiripan dengan arah support paslon Pilpres 2024 lalu.

"Harapan saya semua nomor sama, baik, semuanya baik. Jadi 1, 2, 3 semuanya baik. Tapi kok dikasih nomor 3 malah semakin komplit. Mudah-mudahan nomornya semakin banyak suaranya makin banyak," kata Gus Hans.

Gus Hans mengakui nomor urut di Pilgub Jatim 2024 ini mempunyai kemiripan dengan support masing-masing paslon dan parpol pengusungnya saat Pilpres 2024 lalu. Namun dia mau masyarakat Jatim tak terjebak pada paradigma itu.

"Ya bisa jadi, tapi kita kudu bisa membedakan framing itu bahwa Jatim itu provinsi nan dewasa. Kita tidak mau menjadi bagian dari agenda-agenda politik elite-elite politik nasional nan mau mengarahkan kesana dan ke sini. Karena masyarakat Jatim jauh lebih dewasa dari pada provinsi-provinsi nan lain," katanya.

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional