INFO BISNIS - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Rumah BUMN Telkom menyelenggarakan program Nutrition Fact yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Rumah BUMN Telkom sejak Maret 2024. Program itu sebagai upaya mendukung kesadaran konsumen bakal kesehatan makanan nan dikonsumsi masyarakat.
Sepanjang 2024, program ini diikuti oleh 352 UMKM dengan lebih dari 680 produk nan berasal dari jenis makanan dan minuman nan berbeda-beda. Mulai dari, jenis kripik, sambal, kue kering, sampai dengan kacang-kacangan.
Saat ini kesadaran konsumen bakal kesehatan termasuk kepada makanan yang dikonsumsi semakin tinggi. Tren ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kemudahan mengakses info melalui internet mengenai makanan bergizi seimbang. Mengutip laporan dari International Food Information Council (IFIC) pada tahun 2023 menunjukkan bahwa 81 persen konsumen membaca label nutrisi sebelum membeli produk makanan.
Hal ini menunjukkan bahwa UMKM nan menyediakan label nutrition fact pada bungkusan produknya tidak hanya memenuhi permintaan pasar. Akan tetapi, pelaku UMKM juga memperkuat kepercayaan konsumen dan meningkatkan daya saing produk. Hal ini juga ditegaskan oleh Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 26 Tahun 2021 mengenai pencantuman nutrition fact pada kemasan produk.
Iklan
Pemilik Padma Herbal, Ellida Pande, dari Rumah BUMN Telkom Kabupaten Tabanan, Bali, mengatakan, ”Terima kasih Telkom atas kesempatan nan diberikan kepada Padma Herbal untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk Padma Herbal sehingga kami bisa bersaing dengan pesaing lainnya. Selain itu, dengan adanya program ini, Padma Herbal juga bisa menjangkau pasar secara luas apalagi sampai pasar internasional.”
Senior General Manager Social Responsibility Center Telkom Hery Susanto menyatakan, “Telkom Indonesia mendorong peningkatan kelas teman-teman UMKM Binaan dari beragam aspek. Salah satunya dengan pengadaan program nutrition fact yang diharapkan bisa membantu UMKM untuk memperoleh kepercayaan dari customer. Hal ini kami upayakan untuk mendorong peningkatan kualitas upaya nan dijalankan oleh UMKM Binaan sehingga bisa bersaing di pasar digital, nasional, apalagi di pasar internasional.”
Program Nutrition Fact merupakan corak komitmen Telkom dalam berkontribusi pada peningkatan kesadaran konsumen bakal makanan nan dikonsumsi dan sebagai corak support Telkom untuk UMKM agar dapat senantiasa memperkuat kepercayaan konsumen dan meningkatkan daya saing produknya. (*)