Paslon Caca-Leli Resmi Lawan Kotak Kosong di Pilkada Dharmasraya

Sedang Trending 6 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Padang, CNN Indonesia --

KPU Kabupaten Dharmasraya menetapkan hanya satu pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni Annisa Suci Ramadhani (Caca) dan Leli Arni dalam Pilkada Dharmasraya 2024.

Dengan demikian Caca-Leli akan melawan kotak kosong. Caca-Leli juga menjadi dua wanita pertama nan maju berpasangan untuk Pilkada serentak 2024 di Sumatera Barat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sesuai dengan rapat pleno kita hari ini, hanya ada satu pasangan calon ialah Annisa Suci Ramadhani dan Leli Arni," kata Ketua KPU Kabupaten Dharmasraya France Putra kepada wartawan, Minggu (22/9).

France menjelaskan Caca-Leli diusung oleh 10 partai politik nan punya bangku di DPRD Dharmasraya. Sembilan partai menjadi pengusung, sementara satu partai lainnya menjadi pendukung.

Sembilan partai nan jadi pengusung tersebut adalah Hanura, PKS, PAN, PKB, Golkar, Gerindra, PPP, PDIP dan Demokrat. Sedangkan parpol nan menjadi pendukung adalah NasDem.

Caca-Leli mendaftar pada 28 Agustus 2024. Karena hanya satu bakal calon nan mendaftar, kemudian dilakukan masa perpanjangan pendaftaran hingga 4 September 2024.

Pada 3 September 2024 ada bakal calon lain nan mendaftar ialah Adi Gunawan-Romi Siska nan diusung PKS-NasDem. Namun, pendaftaran mereka belum bisa diterima lantaran belum ada persetujuan dari partai koalisi pendukung Caca-Leli.

KPU Dharmasraya kemudian melakukan penerimaan pendaftaran kembali pada 13-14 September. Adi-Romi kembali mendaftar, namun dikembalikan lagi oleh KPU lantaran tidak memenuhi syarat.

Setelah ditetapkan, selanjutnya bakal dilakukan pengundian nomor urut pasangan calon nan bakal digelar Senin (23/9) besok.

Putri mantan bupati

Annisa Suci Ramadhani merupakan putri bungsu Marlon Martua Situmeang, mantan bupati Dharmasraya setelah dimekarkan dari Kabupaten Sijunjung.

Caca menggandeng politikus dan birokrat senior Leli Arni, mantan personil DPRD Provinsi Sumatera Barat, nan juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Dharmasraya.

Keduanya mengaku siap bertanding ada alias tidak ada musuh demi membangun wilayah asalnya menjadi lebih baik

"(Kotak kosong) ini kejadian nan kudu dilalui dalam demokrasi. Ada alias tidak ada (lawan), kami siap," kata Caca kepada CNNIndonesia.com.

"Kita bakal upaya untuk mengingatkan masyarakat agar tidak salah pilih. Optimis aja," ujarnya menambahkan.

(ned/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional