Pesawat Jokowi Disambut 'Water Salute' Saat Mendarat Perdana di IKN

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 24 Sep 2024 18:54 WIB

Pesawat kepresidenan nan ditumpangi Presiden Jokowi mendapat sambutan water salute sebagai tanda momen berhistoris pendaratan perdana di Bandara IKN. Pesawat kepresidenan nan ditumpangi Presiden Jokowi mendapat penghormatan water salute sebagai tanda momen berhistoris pendaratan perdana di Bandara IKN, Kamis (24/9). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden - Kris)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo mendarat di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur untuk pertama kalinya pada Selasa (24/9) pukul 16.15 WITA. Jokowi dan rombongan terbatas tiba dengan menggunakan pesawat kepresidenan RJ-85.

Berdasarkan keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, kehadiran pesawat Jokowi disambut dengan prosesi water salute nan menandai momen berhistoris dalam operasional airport tersebut.

Setelah pendaratan, Jokowi meninjau sejumlah akomodasi airport untuk memastikan kepantasan serta persiapan lebih lanjut. Dalam keterangannya kepada awak media, Presiden Jokowi menyampaikan rasa syukur atas suksesnya pendaratan perdana tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Alhamdulillah, ini landing nan pertama, nan semuanya melangkah dengan baik alhamdulillah, semuanya melangkah dengan lancar. Dan ini adalah pertama kali saya turun di Bandara Nusantara," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menekankan Bandara Nusantara, nan sebelumnya direncanakan sebagai airport VVIP, bakal dikonversi menjadi airport komersial guna melayani penerbangan umum, termasuk haji dan umroh.

Jokowi menyebut perubahan status airport dari VVIP menjadi airport komersial bakal segera dilakukan.

"Saya tadi sudah perintahkan Menteri Perhubungan agar segera diubah menjadi airport komersial, airport komersial, airport untuk umum, bisa untuk haji, untuk umroh, dan untuk nan lain-lainnya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut kapabilitas awal Bandara Nusantara bisa mencapai 200 ribu penumpang hingga Desember 2024. Sedangkan untuk sasaran jangka panjang mencapai 7 juta penumpang per tahun setelah dioperasikan penuh sebagai airport komersial.

Terkait sasaran konversi bandara, Presiden mengungkapkan bahwa proses bakal dimulai setelah Peraturan Presiden (Perpres) mengenai ditandatangani.

Presiden menjelaskan bahwa pertimbangan utama di kembali perubahan status airport ini adalah agar akomodasi tersebut lebih berfaedah bagi masyarakat umum.

"Jangan hanya untuk VVIP, lebih berfaedah lagi, nan mau umroh, nan mau haji, nan mau terbang ke dan dari IKN, saya kira bakal lebih bermanfaat," ujar Jokowi.

(khr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional