Pilgub Sulsel: Petahana Andi Sudirman Nomor 2, Danny Pomanto Nomor 1

Sedang Trending 6 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Makassar, CNN Indonesia --

Dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan telah mendapat nomor urut peserta Pilkada 2024 nan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto)-Azhar Arsyad mendapatkan nomor urut 01, sementara Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi mendapatkan nomor urut 02.

Nomor urut tersebut bakal menjadi identitas kampanye bagi masing-masing pasangan calon hingga hari pencoblosan pada 27 November 2024 mendatang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Nomor 1 itu tidak ada duanya, dan insyaallah menjadi kemenangan bagi kita. Kami memegang filosofi dalam kampanye gagasan, Satu kebenaran lebih baik dari seribu kata. Kami punya fakta-fakta insyaallah itu bakal menjadi referensi masyarakat untuk memilih nomor 1," kata Danny sapaan akrabnya, Senin (23/9).

Sementara, petahana gubernur, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan proses Pilkada serentak di Sulsel kudu melangkah dengan damai.

"Sama saja semua nomor, paling krusial kita nomor 2, pernah kampanye pilpres nomor 2 juga dan alhamdulillah kita juga diberi nomor 2. Sosialisasi sudah sampai ke masyarakat," kata Sudirman.

Terpisah Ketua KPU Sulsel, Hasbullah mengatakan, setelah penetapan nomor urut ini tanggal 25 September pilkada masuk fase kampanye

"Kan, sudah ada nomor urut, paslon masing-masing sudah bisa menyampaikan visi misi dalam waktu masa kampanye," kata Hasbullah.

Nomor urut Pilgub Maluku

Di tempat lain, KPU Maluku juga telah menggelar pengundian nomor urut untuk Pilgub Maluku 2024.

Dari hasil undian itu pasangan calon Jeffry Apoly Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas nomor urut 1, Murad Ismail-Michael Wattimena mendapat nomor urut 2 dan Hendrik Lewerissa-Abdul Mukti Keliobas nomor urut 3.

"Telah melakukan pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku. Nomor urut 1 Letjen Jeffry Apoly Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas, nomor urut 2, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail-Michael Wattimena, dan nomor urut 3 Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath,"kata Ketua KPU Maluku, M Shaddek Fuad membacakan hasil undian nomor urut pada rapat pleno terbuka, Ambon, Senin petang.

Untuk pasangan calon nomor urut 1, Jeffry Apoly Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas diusung PDIP, NasDem dan Hanura. 

Sementara itu paslon nomor urut 2 Murad Ismail-Michael Wattimena diusung PAN, Demokrat, PKB, Golkar, dan PKS. 

Kemudian paslon nomor urut 3 Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath diusung Gerindra, PPP, dan Perindo

Pantauan CNNIndonesia,com. pengundian nomor urut sempat berjalan meriah. Para pendukung dari tiga kubu sempat datang sembari membawa poster nomor urut masing-masing paslon. Mereka terlihat berkerumunan di luar pintu gerbang KPU lantaran tak diizinkan masuk lantaran KPU membatasi peserta memenuhi ruangan.

(mir, sai/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional