Pilgub Sumbar 2024: Mahyeldi-Vasco Nomor Urut 1, Epyardi-Ekos Nomor 2

Sedang Trending 6 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 23 Sep 2024 20:05 WIB

KPU menetapkan nomor urut untuk pasangan calon nan berkompetensi di Pilgub Sumatera Barat 2024 dan Pilkada Kota Padang 2024. KPU umumkan nomor urut Pilgub Sumatera Barat 2024. (CNN Indonesia/Nedy)

Padang, CNN Indonesia --

Pasangan calon (Paslon) Gubernur petahana, Mahyeldi dan calon wakil gubernur Vasko Ruseimy, mendapat nomor urut 1 di Pigub Sumatera Barat (Sumbar) 2024. Sementara pesaingnya pasangan Epyardi Asda-Ekos Albar mendapatkan nomor urut 2.

"Sesuai nan telah kita tetapkan, Pigub Sumbar diikuti dua pasangan calon, Mahyeldi-Vasko Ruseimy nomor urut 1 dan Epyardi Asda-Ekos Albar nomor urut 2," kata Surya usai pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Senin (23/9).

Mahyeldi-Vasko Ruseimy diusung oleh koalisi PKS, Gerindra, Demokrat, Perindo dan PBB. Sedangkan Epyardi Asda-Ekos Albar diusung koalisi Partai Golkar, Nasdem, PAN, PDIP,Gelora dan Partai Buruh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah nomor urut ditetapkan, tahapan selanjutnya adalah masa kampanye sebelum pemungutan suara. Para kandidat bakal berkampanye mulai 25 September hingga 23 November mendatang.

Untuk Pilgub tahun ini, KPU Sumbar sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 4.103.084 pemilih, nan terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 2.032.676 dan pemilih wanita 2.070.408.

Para pemilih terbagi dalam 10.846 Tempat Pemungutan Suara (TPS) nan tersebar di 19 kabupaten kota di Sumbar.

Pilkada Kota Padang

Sementara itu, di Pilkada Kota Padang, Wali Kota petahana, Hendri Septa nan berpasangan dengan Hidayat, mendapat nomor urut 3. Nomor urut 2 didapatkan oleh pasangan Muhammad Iqbal-Amasrul. sementara nomor urut 1 diperoleh pasangan calon Fadly Amran-Maigus Nasir.

Ketua KPU Kota Padang, Dori Putra menyebutkan, sesuai dengan hasil penetapan calon, Pilkada Kota Padang diikuti oleh tiga pasangan calon,.

Iqbal-Amasrul diusung oleh koalisi PKS dan Demokrat, Fadly Amran-Maigus Nasir diusung koalisi Nasdem, PKB, Golkar, PPP PDIP dan Partai Ummat. Sedangkan Hendri Septa-Hidayat diusung koalisi PAN dan Gerindra.

(ned/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional