Pilot Susi Air Philip Mehrtens Langsung ke Jakarta Sabtu Sore

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 21 Sep 2024 14:42 WIB

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens dinyatakan layak untuk langsung terbang ke Jakarta pada Sabtu (21/9), usai menjalani pemeriksaan kesehatan. Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens dinyatakan layak untuk langsung terbang ke Jakarta pada Sabtu (21/9), usai menjalani pemeriksaan kesehatan. (Arsip Satgas Damai Cartenz)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens dinyatakan layak untuk langsung terbang ke Jakarta dari Timika, Papua, pada Sabtu (21/9), usai menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Jadi rencana sore hari ini setelah press release (di Timika), kita bakal terbang membawa beliau ke Jakarta untuk kemudian dilaksanakan proses berikutnya," ucap Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Letnan Jenderal TNI Bambang Trisnohadi, dalam konvensi pers yang rekamannya diterima CNN Indonesia dari Satgas Damai Cartenz.

Bambang mengatakan Phillip telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan psikologis usai mendarat di Timika dari Yuguru pada pukul 11.36 waktu setempat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Alhamdulillah nan berkepentingan cukup stabil, walaupun berat badan turun secara drastis tapi beliau sehat," kata Bambang. Ia juga mengatakan Philip Mehrtens bebas dari PTSD (Post Traumatic Stress Disorder alias PTSD) atau gangguan mental akibat suatu kejadian nan traumatis.

Philip Mark Mehrtens sukses dibebaskan hari ini, Sabtu (21/9), usai disandera golongan pidana bersenjata (KKB) ketua Egianus Kogoya di wilayah Kabupaten Nduga, Papua, selama 19 bulan.

Berdasarkan rekaman video nan diterima CNN Indonesia dari Satgas Cartez, Pilot asal Selandia Baru itu sekarang telah terbang dari Timika berbareng Satgas Damai Cartenz 2024, menggunakan pesawat TNI.

Menurut Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 menggunakan soft approach dalam upaya pembebasan, salah satunya dengan menggunakan kepala budaya dan kepala agama.

Philip disandera sejak 7 Februari sesaat setelah mendaratkan pesawat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Saat peristiwa itu terjadi, pesawat nan dibawa Philip terbakar. Setelahnya, TPNPB-OPM mengaku jadi pihak di kembali tindakan pembakaran pesawat serta menahan pilot pesawat.

(vws)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional