Polisi Ungkap Metode Pembebasan Pilot Susi Air, Libatkan Tokoh Adat

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani menyebut tim campuran melakukan pendekatan soft approach nan melibatkan tokoh kepercayaan hingga tokoh budaya sebagai upaya membebaskan pilot Susi Air Philip Mehrtens nan sempat disandera KKB selama 1,5 tahun di wilayah Kabupaten Nduga, Papua.

Faizal menyebut Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 memilih untuk melakukan pendekatan soft approach dibandingkan hard approach demi meminimalisir jatuhnya korban.

"Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh budaya dan family dekat dari Egianus Kogoya," ujar Faizal dalam keterangan tertulis nan diterima CNN Indonesia, Sabtu (21/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pendekatan ini krusial dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," kata Faizal lagi.  

Setelah 1,5 tahun Philip disandera, beragam pendekatan nan dilakukan akhirnya membuahkan hasil. Pada hari ini, Sabtu (21/09), pilot Susi Air Philip sukses dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri nan tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno menjelaskan Philip sukses dibebaskan dan dijemput di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kab Nduga. Philip kemudian langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya betul sekali, hari ini kami sukses menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika" terang Bayu.

Pasca penjemputan, Philip langsung dibawa ke ruangan unik untuk dilakukan pemeriksaan medis. Pemeriksaan ini juga untuk memastikan kondisi psikologis Philip dalam keadaan stabil.

Pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti merespons berita Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens sukses dibebaskan.

Melalui posting terbaru di X alias Twitter, Susi berterima kasih kepada semua abdi negara nan bekerja dan membantu hingga pilot Philip akhirnya bisa bebas.

"Alhamdullilah Hirrabbil Alamiin. Mendapat Kabar Captain Pilot Phillip Mehrtens telah kembali, sudah berada di Timika. Allah Maha Besar dan Kasih," cuit Susi Pudjiastusi, Sabtu (21/9).

"Terima kasih kami kepada pemerintah Bapak @jokowi, @prabowo, @Puspen_TNI, @ListyoSigitP, @HumasPolri dan seluruh pihak nan telah membantu kepulangan Pilot kami," tulisnya.

(vws)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional