Poltracking: Luthfi-Taj Yasin Ungguli Andika-Hendi di Pilgub Jateng

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 24 Sep 2024 16:34 WIB

Survei Poltracking Indonesia menunjukkan pasangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin mengungguli pasangan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi di Pilgub Jawa Tengah 2024. Survei Poltracking Indonesia menunjukkan pasangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin mengungguli pasangan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi di Pilgub Jawa Tengah 2024. (CNN Indonesia/Damar)

Jakarta, CNN Indonesia --

Survei nan dilakukan Poltracking Indonesia pada bulan September menyebut pasangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin mengungguli pasangan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi dalam Pilgub Jawa Tengah 2024.

Elektabilitas Ahmad Luthfi dan Taj Jasin berada di nomor 52,2 persen. Sementara pasangan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi elektabilitasnya 31,4 persen. Sebanyak 16,4 persen responden tidak tahu alias tidak memberikan jawaban.

"Pasangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin memperoleh elektabilitas tingkat keterpilihan 52,2 persen. Lalu untuk pasangan nan kedua lantaran ini head to head ialah pasangan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi sebesar 31,4 persen," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam konvensi pers secara daring, Selasa (24/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan nomor tersebut bisa sigap berubah lantaran tetap ada rentang waktu sekitar dua bulan lagi, terlebih masa kampanye belum dimulai.

Hanta menuturkan sejumlah aspek nan bisa memengaruhi perolehan suara. Seperti efektivitas sosialisasi dan kampanye hingga performa debat kandidat secara terbuka. Penguasaan visi-misi dan pendapat juga mempunyai pengaruh meraup simpati.

"Kalau kita perhatikan memang ini jauh rentang margin of error, tapi lantaran Pilkadanya tetap berjalan dua bulan lagi, maka kemungkinan dinamika politiknya gimana apakah nan tidak tahu alias tidak jawab ini bisa bergeser ke mana, kemudian apakah ada pergeseran nantinya, ini sangat mungkin," ucap dia.

Poltracking Indonesia menggelar survei tatap muka alias wawancara pada 8-14 September 2024 dengan melibatkan 1.200 responden. Metode sampel nan digunakan Multistage Random Sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya hasil survei Kanigoro Network menunjukkan Ahmad Luthfi-Taj Yasin unggul dengan elektabilitas 45,2 persen, sedangkan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi memperoleh 37,7 persen.

Sekitar 17,1 persen responden belum menentukan pilihan mereka. Kenaikan elektabilitas Ahmad Luthfi-Taj Yasin nan konsisten diperkirakan bakal terus bersambung hingga bulan November.

Survei Kanigoro Network dilakukan pada tanggal 1-6 September 2024 di 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Metodologi survei nan digunakan ialah tatap muka dengan teknik simple random sampling dan proporsional nan melibatkan 1.600 responden.

Margin of error survei adalah ±2,8 persen. 

(ryn/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional