Sri Rahayu dan Arteria Dahlan Mundur, Jatah DPR Milik Cucu Soekarno

Sedang Trending 4 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 29 Sep 2024 19:30 WIB

KPU menetapkan Romy Soekarno sebagai caleg terpilih dari Dapil Jawa Timur VI. Ia merupakan anak dari Rachmawati Soekarnoputri alias cucu Soekarno. Arteria Dahlan memilih mundur dari keterpilihan Dapil Jatim dan merelakan bangku DPR untuk Romy Soekarno. DPP PDIP

Jakarta, CNN Indonesia --

KPU menetapkan Romy Soekarno sebagai caleg PDIP terpilih dari Dapil Jawa Timur VI. Romy adalah anak dari Rachmawati Soekarnoputri alias cucu Soekarno.

Dalam Keputusan KPU Nomor 1401 tahun 2024 tentang Perubahan Kelima Atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1206 Tahun 2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPR dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Romy ditetapkan menggantikan Sri Rahayu dan Arteria Dahlan.

Di dapil Jawa Timur VI, PDIP mendapat dua kursi. Pertama milik Pulung Agustanto dan kedua milik Sri Rahayu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan mundurnya Sri Rahayu, bangku semestinya milik Arteria Dahlan nan mempunyai bunyi terbesar ketiga, namun Arteria juga mundur.

Romy nan mempunyai bunyi 51.245 pun ditetapkan sebagai caleg terpilih menggantikan Sri Rahayu dan Arteria Dahlan.

"Menggantikan calon terpilih Sri Rahayu (peringkat bunyi sah ke II, nomor urut 1) lantaran nan berkepentingan mengundurkan diri dan calon atas nama Arteria Dahlan (peringkat bunyi sah ke III, nomor urut 4), lantaran nan berkepentingan mengundurkan diri," dikutip dari keputusan tersebut.

Dalam bagian pertimbangan keputusan KPU itu, dijelaskan bahwa keputusan nomor 1401 tahun 2024 itu diambil salah satunya berdasar surat dari DPP PDIP tanggal 27 September nan pada pokoknya menyatakan pengunduran diri Sri Rahayu dari caleg terpilih dan pengunduran diri Arteria sebagai caleg PDIP dari dapil Jawa Timur VI.

(yoa/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional