Suara Pendukung Anies Jadi Penentu Kemenangan Pilgub Jakarta 2024

Sedang Trending 4 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

ANALISIS

CNN Indonesia

Rabu, 25 Sep 2024 10:39 WIB

RK dan Pramono sangat memerlukan support sura pendukung Anies di Pilgub Jakarta 2024. Namun jika Anies netral, maka bakal menguntungkan salah satu kandidat. Para kontestan nan berkompetensi di Pilgub DKI Jakarta 2024 berupaya menggaet bunyi mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan pendukungnya untuk meraih kemenangan. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Para kontestan nan berkompetensi di Pilgub DKI Jakarta 2024 berupaya menggaet bunyi mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan pendukungnya untuk meraih kemenangan.

Nama Anies telah terpental dari proses pilgub Jakarta. Padahal, elektabilitas mantan capres di 2024 lampau ini sempat merajai hasil survei daripada kandidat calon lain, seperti Ridwan Kamil hingga Ketua DPP PDIP Basuki Tjahaja Purnama namalain Ahok sebelum digelarnya Pilkada.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Atas dasar itulah kemungkinan kubu Pramono-Rano dan Ridwan-Suswono berupaya menggaet pemilih Anies di Pilgub Jakarta.

Cara mereka pun beragam. Pramono-Rano misalnya menggaet eks Timses Anies di Pilpres lampau Mandira Bienna Elmir, Aldy Perdana hingga Iwan Tarigan masuk ke jejeran timses mereka.

Mandira menjabat sebagai Timses Pramono-Rano di bagian program, sementara Aldy dan Iwan Tarigan didapuk sebagai ahli bicara.

"Diminta mas Pramono Anung Calon Gubernur Jakarta membantu pemenangan menjadi Juru Bicara beliau. Melanjutkan program program kerja Pak Anies selama memimpin Jakarta," kata Iwan beberapa hari lalu.

Selain menggaet eks timses, Pramono Anung turut berjanji bakal melanjutkan program Anies. Di antaranya menyelesaikan masalah Kampung Bayam peninggalan Anies Baswedan jika dirinya terpilih pada Pilkada mendatang.

Tak hanya Pramono-Rano, Ridwan Kamil-Suswono turut mendapatkan support dari komponen relawan Anies-Sandi nan sekarang tergabung dalam aktivitas Garnisun 08. Garnisun 08 sendiri mencakup campuran 42 simpul politik, termasuk eks pendukung Anies-Sandi dan Ganjar Pranowo.

Ridwan Kamil pun turut mendapatkan support dari relawan 'Sahabat Jakarta' nan berisikan unsur ulama, ustad dan ustaz di Jakarta serta simpul-simpul perjuangan nan mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2017. Dari deklarasi tersebut, Ridwan Kamil pun menyambut baik support ini.

Anies pun mengaku belum menentukan pilihan untuk mendukung pasangan calon gubernur-wakil gubernur tertentu di Pilgub Jakarta 2024. Menurutnya, saat ini tetap terlalu awal untuk menentukan pilihan.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan mengatakan Anies tetap mempunyai pendukung besar di Jakarta.

Dalam simulasi hasil survei dilakukan LSI terdapat sekitar 40 persen nan tetap mendukung Anies dalam simulasi jika Anies maju melawan RK, Pramono maupun Dharma Pongrekun di Pilgub Jakarta.

"Di survei kita cek tetap berapa banyak pendukung Anies? Masih ada 40-an persen nan dukung Anies. Jadi memang di beragam survei pasca Pileg juga 35 persen. Jumlah ini cukup besar," kata Djayadi dalam Program CNN Indonesia Political Show, Selasa (24/9).

Berlanjut ke laman berikutnya...


Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional