Survei Pilgub Kalteng:Agustiar-Edy 41,6 Persen, Ungguli 3 Paslon Lain

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei terbaru Poltracking Indonesia mencatat elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Agustiar Sabran-Edy Pratowo unggul dari tiga pasangan calon lainnya di Pilgub Kalimantan Tengah 2024.

Agustiar-Edy meraih 41,6 persen. Disusul pasangan Nadalsah-Supian Hadi nan berada di posisi kedua dengan 26,2 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dalam simulasi 4 pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran-Edy Pratowo memperoleh nomor elektabilitas 41,6 persen, diikuti Nadalsyah-Supian Hadi 26,2 persen," kata Peneliti Poltracking Indonesia, Masduri Amrawi dalam keterangan tertulis, Senin (23/9).

Di posisi ketiga ada pasangan Willy Midel Yoseph-Habib Ismail bin Yahya dengan 11,4 persen. Sementara pasangan Abdul Razak-Sri Suwanto menempati posisi keempat dengan 5,8 persen.

"Sedangkan untuk pasangan Willy Midel Yoseph-Habib Ismail bin Yahya 11,4 persen dan Abdul Razak-Sri Suwanto 5,8 persen," ujarnya.

Survei Poltracking ini dilakukan pada 2-8 September 2024 dengan melibatkan 1.000 responden nan tersebar di 14 kabupaten/kota se-Kalteng.  Margin of error sekitar 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei di Kalimantan Tengah pada awal September 2024 pasca pendaftaran calon gubernur-wakil gubernur ke KPUD Kalimantan Tengah," kata Masduri.

Ada 1,96 juta DPT

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan Pilkada 2024 sebanyak 1.960.053 pemilih.

Rinciannya 1.006.845 pemilih laki-laki dan 953.208 pemilih perempuan.

"Totalnya ada 4446 TPS, kemudian jumlah pemilihnya total sebanyak 1.960.053," ujar Ketua KPU Kalteng Sastriadi dikutip dari Antara.

Pilgub Kalteng diikuti empat pasangan calon. Mereka ialah Abdul Razak-Sri Suwanto, diusung oleh Partai Golkar, Partai Perindo, Partai Buruh, Partai Ummat, serta Partai Gelora. Pasangan ini mendapat nomor urut 4.

Kemudian pasangan Agustiar Sabran-Edy Pratowo, nan didukung oleh Partai Gerindra, PKS, PAN, PKN, dan PSI. Pasangan Agustiar-Edy meraih nomor urut 3.

Selanjutnya pasangan Willy M Yoseph-Habib Ismail bin Yahya, diusung oleh Partai NasDem, PKB, dan PBB. Pasangan ini mendapat nomor urut 1.

Terakhir pasangan Nadalsyah Koyem-Supian Hadi didukung oleh PDI-P, Partai Demokrat, Partai Hanura, dan PPP. Pasangan Nadalsyah-Supian nomor urut 2.

(tim/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional