Susi Pudjiastuti Bersyukur Pilot Susi Air Philip Mehrtens Bebas

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 21 Sep 2024 10:39 WIB

Susi Pudjiastuti merespons berita Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens sukses dibebaskan setelah 1,5 tahun disandera di Nduga. Susi Pudjiastuti merespons berita Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens sukses dibebaskan setelah 1,5 tahun disandera di Nduga. (Arsip Susi Air)

Jakarta, CNN Indonesia --

Susi Pudjiastuti merespons berita Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens berhasil dibebaskan dan dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri nan tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024. Philip bebas setelah 1,5 tahun disandera KKB.

Melalui posting terbaru di X alias Twitter, Susi berterima kasih kepada semua abdi negara nan bekerja dan membantu hingga pilot Philip akhirnya bisa bebas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Alhamdullilah Hirrabbil Alamiin. Mendapat Kabar Captain Pilot Phillip Mehrtens telah kembali, sudah berada di Timika. Allah Maha Besar dan Kasih," cuit Susi Pudjiastusi, Sabtu (21/9).

"Terima kasih kami kepada pemerintah Bapak @jokowi, @prabowo, @Puspen_TNI, @ListyoSigitP, @HumasPolri dan seluruh pihak nan telah membantu kepulangan Pilot kami," tulisnya.

Cuitan itu menyusul Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno mengonfirmasi Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens sudah bebas dan dijemput tim campuran setelah satu separuh tahun disandera KKB di wilayah Nduga.

[Gambas:Video CNN]

Bayu Suseno menjelaskan Philip dijemput tim dari Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kab Nduga. Ia langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya betul sekali, hari ini kami sukses menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika," kata Bayu dalam keterangan tertulis nan diterima CNN Indonesia, Sabtu (21/9).

Setelah itu, Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan unik untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil.

Menurut Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 menggunakan soft approach dalam upaya pembebasan.

"Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh budaya dan family dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini krusial dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," kata Faizal.

Setelah mitigasi, rencananya polisi bakal menggelar konvensi pers di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B/Timika.

[Gambas:Twitter]

(chri)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional