Hari Ini Pendaftaran CPNS Terakhir: E-Materai Beres, Formasi Sepi Peminat dan 245 Ribu Pelamar Tak Lolos Verfikasi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Hari ini, Selasa, 10 September 2024, menjadi kesempatan terakhir bagi calon peserta tes CPNS. Pembelian e-Meterai nan sempat jadi kendala, sudah bisa diakses. Badan Kepegawaian Nasional (BKN) memperpanjang masa pendaftaran dari 6 September 2024 menjadi 10 September 2024 pukul 23.59 WIB.

Berdasarkan info BKN sampai Senin, 9 September 2024, pukul 20.00, pelamar nan sudah mendaftar (memilih instansi) 3.670.943, dengan 2,7 juta telah submit (mengakhiri proses pendaftaran). Namun dari jumlah itu, nan sudah dinyatakan memenuhi syarat oleh lembaga sebanyak 1.378.016 dan nan tidak memenuhi syarat 245.381.

Dari seluruh instansi, Kementerian Hukum dan HAM paling banyak diminati. Ada 541.647 pelamar nan bakal memperebutkan 9.070 formasi. Sedangkan nan paling sedikit menarik fans adalah Pemerintah Kota Gorontalo dengan 13 pelamar dengan 5 formasi. 

Terendah kedua adalah lowongan untuk Pemkab Bangli, ialah 19 fans untuk 9 formasi.

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) menjamin jasa https://meterai-elektronik.com sudah kembali melangkah dengan normal menjelang pemisah akhir pendaftaran Calon Pegawai Sipil Negara (CPNS) 2024 pada 10 September 2024. 

Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan masyarakat sudah bisa mengakses laman website, proses pembelian kuota e-meterai hingga proses pembubuhan e-meterai pada arsip elektronik nan dipersyaratkan dalam proses pendaftaran CPNS 2024.

"Adapun, arsip nan telah dibubuhkan e-meterai dalam website meterai-elektronik.com dapat diunduh (di-download) kapanpun tanpa adanya batas waktu. Hal ini merupakan komitmen Peruri untuk memberikan jasa maksimal kepada masyarakat nan memerlukan e-meterai guna mendaftar CPNS 2024," kata Adi.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menginformasikan perkembangan terbaru mengenai waktu pendaftaran CPNS tetap dibuka hingga 10 September 2024.

Selama dibukanya periode pendaftaran CPNS 2024, minat masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti seleksi tes CPNS 2024. Untuk meningkatkan kelancaran pendaftaran tersebut, pada 5 September 2024, BKN telah mengumumkan adanya opsi penggunaan meterai tempel sebagai ketentuan pendaftaran, di samping menggunakan e-meterai.

Namun, lanjut Adi, info dari Peruri menunjukkan minat terhadap penggunaan e-meterai tetap sangat tinggi dengan pembubuhan tertinggi sejak awal masa pendaftaran tercatat pada 6 dan 7 September mencapai lebih dari satu juta pembubuhan e-meterai per harinya.

Adi menjelaskan bahwa e-meterai merupakan corak konkret dari proses digitalisasi di bagian perpajakan bea meterai nan diakomodir oleh Peruri selaku pihak nan dipercaya pemerintah untuk menyediakan meterai elektronik (e-meterai)," tuturnya.

E-meterai saat ini juga telah dipergunakan di beragam proses jasa digital instansi, tidak saja dalam proses penerimaan CPNS.

Iklan

Masyarakat dapat membeli e-meterai untuk dapat digunakan kapanpun dibutuhkan lantaran e-meterai tidak mempunyai masa kedaluwarsa.

Selain pada website meterai-elektronik.com, masyarakat juga dapat membeli dan membubuhkan e-meterai melalui beberapa reseller di antaranya skill academy https://skillacademy.com/e-meterai, posfin https://emeterai.posfin.id/, aplikasi mobile Sobat Meterai, dan gerai instansi pos di seluruh Indonesia.

"Jika tetap ditemukan hambatan mengenai pembelian dan pembubuhan e-meterai, masyarakat agar memberikan laporannya melalui masing-masing helpdesk dari channel nan digunakan," ucap Adi.

Lowongan Sepi Peminat

Sejumlah susunan di beragam lembaga sampai Senin malam, tetap belum ada nan melamar, seperti di Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. 

Kepala Bidang Pengembangan SDM di BKPSDM Rejang Lebong Dheny Rizkiansyah di Rejang Lebong, Senin, mengatakan wilayah itu pada Tahun 2024 menerima kuota seleksi CPNS dari pemerintah pusat sebanyak 50 susunan terdiri dari 30 susunan tenaga teknis dan 20 susunan tenaga kesehatan.

"Sampai hari ini dari 50 susunan nan kita butuhkan, tetap lima susunan nan belum terisi ialah dua susunan master gizi dan tiga susunan master spesialis," kata dia.

Formasi CPNS  untuk master ahli di lingkungan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjelang penutupan pendaftaran juga tetap sunyi peminat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB Yusron Hadi mengakui bahwa susunan untuk master ahli tetap sunyi peminat.

"Di susunan kesehatan meski umumnya terisi namun ada beberapa susunan nan hingga siang ini tetap sunyi pendaftar seperti master sub ahli maupun beberapa master ahli nan kebutuhannya masing-masing satu orang," ujarnya saat dihubungi melalui telepon di Mataram, Senin.

Adapun untuk master ahli nan tetap sunyi pelamar itu antara lain, ahli anak butuh 2 orang, ahli anestisiologi butuh 3 orang, dan masing-masing butuh 1 orang master ahli seperti bedah umum, bedah toraks kardiovaskuler, kedokteran nuklir, urologi, radiologi, penyakit dalam, patologi anatomi, obstetri dan mikrobiologi klinik.

Pilihan Editor Ini Awal Mula Marimutu Sinivasan Texmaco Terjerat Utang Rp95 T ke Negara

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis