Jokowi Beberkan Agendanya di IKN Menjelang Habis Masa Jabatan: Rapat, Terima Tamu, Groundbreaking

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Jokowi membeberkan kegiatannya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, untuk beberapa waktu ke depan. Kepala negara nan masa jabatannya lenyap pada 20 Oktober itu berencana berkantor di ibu kota baru mulai 10 September-19 Oktober 2024. 

Di IKN, Jokowi bakal rapat dengan para menteri dan menerima tamu. "Seperti biasa. Juga groundbreaking beberapa penanammodal nan masuk," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers usai meninjau Pasar Tradisional Delimas Lubuk Pakam, Deli Serdang, Selasa, 10 September 2024, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.   

Sebelumnya, Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni menyatakan ada penanammodal asing dari China dan Australia bakal groundbreaking bulan ini.

Kendati demikian, Jokowi tidak bakal berkantor di IKN selama 40 hari penuh sebagaimana nan diberitakan baru-baru ini. Pasalnya, dia bakal melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah. "Hanya mungkin, berangkatnya dari IKN," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Deputi Protokol dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan Presiden Jokowi bakal berkantor di IKN sebagaimana agenda seperti di Istana Merdeka Jakarta. “Kegiatan audiensi, rapat terbatas, sidang kabinet paripurna, pengarahan, dan lain-lain adalah aktivitas nan sering beliau lakukan,” katanya melalui pesan singkat kepada Tempo, pada Senin, 9 September 2024.

Keputusan Jokowi untuk pindah berkantor di IKN sudah berulang kali dilakukan. Akhir Juli lalu, Jokowi memilih berkantor di IKN selama dua hari. Selanjutnya menjelang seremoni Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024, Jokowi juga berkantor di IKN.

Adapun rencana Jokowi berkantor di IKN diungkit kembali oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Penjabat Kepala Otorita IKN itu mengungkapkan bahwa Jokowi kemungkinan pindah ke IKN pada September 2024 ini, setelah airport di sana rampung.

“Kalau tidak ada hujan, bangunan runway sepanjang 2.200 meter tersebut diharapkan dapat selesai pada tanggal 2 September. Jadi kami hitung terus,” kata Basuki, Jumat, 23 Agustus 2024.

Daniel A. Fajri berkontribusi dalam penulisan tulisan ini

Pilihan Editor: Terkini: Sri Mulyani di Deretan Menteri nan Pamit Jelang Akhir Masa Jabatan, Hari Ini Pendaftaran CPNS Terakhir

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis