Jokowi Kirim Sapi Kurban Bernama 'Tebo' ke Masjid Agung Surakarta

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan seekor sapi jenis simental ke Masjid Agung Keraton Surakarta pada Hari Raya Idul Adha 1445 H. Sapi berjulukan "Tebo" ini tiba di Masjid Agung Surakarta Minggu (16/6) sekitar pukul 19.50 WIB.

Sapi berukuran jumbo itu merupakan hasil budidaya Mulya Farm46, Salatiga, Jawa Tengah. Perwakilan dari peternakan tersebut, Muhammad Rosihan Alif, mengatakan sapi kurban Jokowi berumur tiga tahun dengan berat mencapai 1 ton 80 kg.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Namanya "Tebo",tenanan le bongsor(benar-benar bongsor). Bobotnya 1 ton 80 kg," kata Alif, Minggu (16/6).

Ia mengaku peternakannya sangat bangga bisa memasok sapi kurban Presiden Jokowi. Mereka apalagi sudah lama berambisi Tebo bisa menjadi sapi kurban orang nomor satu di Indonesia itu. Alif menceritakan orang utusan Jokowi baru memesan Tebo sekitar dua minggu lalu.

"Ndak tahu, tiba-tiba saja dibeli. Tapi sudah dari dulufeelingsapi ini laku Pak Presiden," katanya.

Menurut dia Tebo hanya diberi pakan jerami dan sisa hasil pertanian. Alif mengatakan peternakannya sama sekali tidak menggunakan pakan konsentrat dari pabrik.

"Kita buat penemuan menggunakan probiotik. Gunanya untuk memaksimalkan dalam peternakan," kata Alif.

Strategi menggunakan limbah pertanian itu untuk mengatasi biaya pakan konsentrat nan mahal. Menurut Alif langkah tersebut sukses menekan biaya pakan dari Rp50 ribu sampai Rp100 ribu per hari menjadi Rp15 ribu per hari.

"Kan sekarang kebanyakan peternak berpikir memelihara sapi jumbo itu mahal. Tapi ini hanya jerami sama limbah-limbah pertanian, sehari hanya 15 ribu juga bisa jumbo," kata Alif.

Sekretaris Takmir Masjid Agung Keraton Surakarta Abdul Basid mengatakan Jokowi tidak pernah tidakhadir mengirimkan sapi kurban sejak menjadi Presiden. Ia berambisi tradisi tersebut bisa diteruskan setelah Jokowi lengser dari jabatannya.

"Mudah-mudahan ini tidak nan terakhir, tapi diteruskan sampai kelak mantan presiden tetap berkurban di Masjid Agung Surakarta ini," kata Basid.

Masjid Agung Surakarta bakal menyembelih tujuh sapi qurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 H. Selain sapi Jokowi, Masjid Agung Keraton Surakarta juga menerima sapi kurban dari anak Presiden kedua RI Soeharto, Siti Hediati Hariyadi alias berkawan disapa Titiek Soeharto.

"Ada dari [mantan] istrinya Pak Presiden Prabowo, sapinya dari peternakan Tapos. Bobotnya nyaris 900 kg," kata Basid.

(syd/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional