Jokowi Resmikan Dua Tol di Sumatera Utara Nilainya Rp 17,6 Triliun

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Tol Binjai-Langsa seksi 2 Stabat-Tanjung Pura dan ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 3 dan 4, Selasa, 10 September 2024. Pembangunan proyek tersebut menghabiskan anggaran total Rp 17,6 triliun. Rinciannya, RP 11,6 triliun untuk ruas Binjai-Langsa seksi 2 dan Rp 6 triliun untuk Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 3 dan 4.

Jokowi mengatakan, ruas Tol Binjai-Langsa seksi 2 Stabat-Tanjung Pura dibangun sejak 2020 dengan panjang 26,2 km. Sedangkan ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 3 dan 4 dibangun sejak 2018, sepanjang 45,6 km. 

"Jalan tol ini bakal menjadi bagian Tol Trans Sumatera," kata Jokowi di Gerbang Tol Sinaksak, Kabupaten Simalungun, Selasa, 10 september 2024, dipantau Tempo dari siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Kepala negara menyatakan kehadiran ruas tol tersebut bakal memangkas waktu tempuh dari Medan ke Simalungun.  Semula, waktu tempuh perjalanan itu mencapai 3,5 hingga 4 jam. Namun, dengan akses tol, menjadi sekitar 1,5 jam. 

Eks Gubernur Jakarta itu mengatakan tol  baru ini bakal mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru di wilayah tersebut. "Menambah daya saing wilayah dan sistem logistik. Mobilitas orang dan peralatan bakal makin cepat, sehingga kita bakal bisa bersaing dengan negara-negara lain," kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga meninjau Pasar Tradisional Delimas Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Selasa untuk memastikan nilai pangan baik dan stabil.

"Saya memandang nilai nan ada di pasar, saya lihat semuanya baik dan justru beberapa komoditas turun," kata Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai meninjau pasar tersebut.

Iklan

Jokowi mencontohkan nilai bawang merah di pasar itu berada di nomor Rp22.000-Rp25.000 per kilogram (kg). Kemudian bawang putih berada di nomor Rp37.000 per kg.

"Cabai merah Rp20.000-an (per kg), cabe rawit Rp60.000 (per kg)," ungkap Jokowi.

Jokowi pun mengharapkan dengan nilai pangan nan baik tersebut nantinya dapat mempengaruhi inflasi di tanah air.

"Saya kira harga-harga baik dan kita harapkan kondisi ini bakal mempengaruhi kelak inflasi nan ada di negara kita," ujar Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan ke Pasar Delimas Lubuk Pakam, ialah Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Pilihan Editor: Terkini: Toyota Raize dan Innova Zenix Viral usai Ditumpangi Paus Fransiskus, Prabowo Naikkan Gaji ASN Tahun Depan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis