Jokowi Tidak 40 Hari Penuh Berkantor di IKN: Saya Muter ke Daerah

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Jokowi dikabarkan berkantor 40 hari di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, menjelang berakhirnya masa jabatan. Meski begitu, dia tidak berkantor di ibu kota baru selama 40 hari penuh.

"Saya muter ke daerah. Hanya mungkin, berangkatnya dari IKN," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers usai meninjau Pasar Tradisional Delimas Lubuk Pakam, Deli Serdang, Selasa, 10 September 2024, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Ihwal mobilitas, Jokowi mengatakan bisa terbang dari Bandara IKN jika pembangunannya sudah rampung. Namun, sementara proyek itu belum rampung, dia bakal menggunakan Bandara Sepinggan Balikpapan. Adapun saat ini, Kementerian Perhubungan Secara mencatat progres pengerjaan airport secara keseluruhan mencapai 74,79 persen dengan waktu pengerjaan 273 hari.

Sebelumnya, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan wajar jika Presiden Joko Widodo mau merasakan berkantor di IKN sebelum berganti pemerintah. Sebab Istana Garuda, tempat Jokowi bakal bekerja sebagai kepala pemerintahan sudah bisa digunakan. 

“Bagaimanapun ini legacy-nya beliau,” kata Hasan melalui dalam keterangan melalui pesan singkat pada Senin, 9 September 2024. 

Iklan

Hasan juga mengatakan Presiden Jokowi tetap bisa melakukan kunjungan kerja ke wilayah selama berkantor di IKN. “Dengan berangkat dari Ibu Kota Nusantara. Namun, mendelegasikan beberapa agenda ke wakil presiden juga dimungkinkan,” katanya.

Daniel A. Fajri berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor:  Deretan Menteri nan Pamit Jelang Akhir Masa Jabatan, Sri Mulyani Kenalkan Calon Penerusnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis