Jokowi Tinjau Pasar di Deli Serdang: Harga Turun

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaPresiden Joko Widodo meninjau Pasar Tradisional Delimas Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Selasa untuk memastikan nilai pangan baik dan stabil.

"Saya memandang nilai nan ada di pasar, saya lihat semuanya baik dan justru beberapa komoditas turun," kata Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai meninjau pasar tersebut sebagaimana tayangan video dari kanal YouTube Sekretariat Presiden dipantau di Jakarta, Selasa, 10 September 2024.

Jokowi mencontohkan nilai bawang merah di pasar itu berada di nomor Rp22.000-Rp25.000 per kilogram (kg). Kemudian bawang putih berada di nomor Rp37.000 per kg.

"Cabai merah Rp20.000-an (per kg), cabe rawit Rp60.000 (per kg)," ungkap Jokowi.

Jokowi pun mengharapkan dengan nilai pangan nan baik tersebut nantinya dapat mempengaruhi inflasi di tanah air.

"Saya kira harga-harga baik dan kita harapkan kondisi ini bakal mempengaruhi kelak inflasi nan ada di negara kita," ujar Presiden.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa pemerintah berupaya menjaga stabilitas nilai pangan di pasaran guna menjaga konsumsi dan produktivitas petani.

Iklan

"Mengenai stabilitas pangan ini krusial sekali, karena ketika saya bilang nilai terlalu murah iba petani tapi jika nilai mahal masyarakat kesulitan," ujar Zulkifli Hasan di Lampung Selatan, Kamis (5/9).

Ia mengatakan pemerintah berupaya terus untuk menjaga stabilnya nilai pangan di pasaran agar tidak menimbulkan gejolak.

"Karena jika terlalu rendah harganya seperti di sini cabe sekarang Rp25 ribu per kilogram, bawang merah Rp25 ribu per kilogram petani bisa ambruk kasihan, tanahnya bisa dijual untuk modal hidup. Tapi konsumen nan senang lantaran membeli dengan murah," katanya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan ke Pasar Delimas Lubuk Pakam, ialah Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Pilihan Editor: Terkini: Toyota Raize dan Innova Zenix Viral usai Ditumpangi Paus Fransiskus, Prabowo Naikkan Gaji ASN Tahun Depan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis