Kaesang Blusukan ke Priok, Ini Profil Bisnis Anak Bungsu Presiden Jokowi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Putra bungsu pasangan Presiden Jokowi - Iriana, Kaesang Pangarep, tampaknya mantab maju Pilgub Jakarta. Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu blusukan ke wilayah Tanjung Priok, Jakarta, Jumat, 5 Juli 2024.

Gaya blusukan ini langsung mengingatkan orang pada Jokowi, nan giat menyambangi wilayahnya saat menjadi Gubernur Jakarta.

Menurut laporan Antara, Kaesang terlihat salat Jumat di Masjid Nurul Qulub nan berlokasi di pemukiman padat warga. Ia tiba di letak sekitar pukul 11.50 WIB dengan melangkah kaki beberapa ratus meter. Adapun letak masjid itu berada di area permukiman dengan gang sempit nan tidak bisa dimasuki kendaraan roda empat.

"Ya Ibu, assalamualaikum," kata Kaesang saat menyapa penduduk sembari melangkah menuju Masjid Nurul Qulub.

Di masjid tersebut, Kaesang didampingi oleh sejumlah pengurus PSI dan personel Paspampres. Selain itu, Kapolsek Tanjung Priok pun mendampingi Kaesang ketika memasuki masjid.

Ia memilih duduk di area pelataran masjid nan berada di luar bangunan. Meski masjid nan berada di gang sempit itu mempunyai tiga lantai, nan salat di tempat itu cukup penuh.

Setelah Salat Jumat, dia bersilaturahmi dengan penduduk sekitar sembari menggelar makan siang. Warga pun telah menyiapkan tenda seadanya untuk menyambut Kaesang. 

Saat ini nama Kaesang Pangarep tengah menjadi perbincangan dan pertimbangan oleh sejumlah partai politik untuk ikut kontestasi Pilkada 2025. Dia diperbincangkan untuk diusung, baik di Jakarta maupun Jawa Tengah.

Salah satunya Wakil Sekretaris Jenderal  PDI Perjuangan Utut Adianto mengatakan bahwa pertimbangan partainya untuk mengusung Kaesang untuk Pilkada Jawa Tengah 2024 bakal diputuskan melalui rapat internal DPP PDI Perjuangan.

Dari media sosial, ke upaya rintisan dan sekarang politik

Kaesang di awal Jokowi menjadi presiden, dikenal sebagai bintang media sosial melalui unggahan di akunnya, nan sering kali kontroversial.

Ia lampau terjun ke upaya rintisan alias start up mengikuti kakaknya, Gibran Rakabuming Raka nan kemdian masuk gelanggang politik dengan menjadi Wali Kota Solo.

Bisnis nan dijalankan Kaesang bergerak di sejumlah bidang, di antaranya adalah kuliner, fesyen hingga aplikasi digital. 

Bisnis kuliner Kaesang ini terbilang cukup diminati, Sang Pisang misalnya nan apalagi sukses membuka gerainya di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2019 silam. Kemudian, ada Enigma Camp nan merupakan wadah training programmer nan didirikan pada 2017. Enigma konsentrasi pada upaya nan menyediakan IT Bootcamp dan IT Talent management untuk menyiapkan programmer siap kerja.

Ketika menggeluti bumi bisnis, upaya milik Kaesang ada nan moncer dan gulung tikar. Sebagian besar upaya Kaesang merugi, tepatnya nan bergerak di bagian food and beverage (F&B) alias upaya makanan dan minuman. 

Iklan

"Ya namanya rugi ya pasti kami kudu tutup dulu, terus kita baru kasih waktu dulu untuk rejuvenatekan," kata Kaesang saat ditemui Tempo usai konvensi pers KIG Live di Jakarta pada Selasa, 19 September 2023.

iColor adalah upaya Kaesang nan bergerak di bagian jasa perbaikan (service) produk buatan Apple, seperti Macbook, iPhone, iMac, dan iPad. Selain itu, upaya nan telah beraksi sejak 2010 itu juga menjual suku cadang peralatan elektroniknya. 

Ini adalah upaya nan Kaesang bangun dengan bekerja-sama berbareng jurumasak profesional, Arnold Poernomo. Adapun produk upaya nan dihasilkan adalah berupa makanan berkemasan mangkok alias rice bowl. Menu unggulannya adalah nasi dengan beragam macam lauk pauk bercita rasa Nusantara. 

Selain kuliner, lulusan Singapore University of Social Sciences itu juga membuka upaya konveksi nan berkonsentrasi pada produksi jas hujan dan kaos. Bisnis sampingan nan mulai digarap pada 2017 berbareng teman-temannya itu, diberi nama Tugas Negara Bos. Penjualan produknya sendiri menggunakan jasa e-commerce, seperti Tokopedia.

Berikutnya: Dari Markobar sampai Chili Pari

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis