KAI Daop 9 Jember Angkut 2 Juta Lebih Penumpang Sepanjang Januari hingga Agustus

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jember - PT KAI Daop 9 Jember mengangkut 2.025.903 penumpang sepanjang Januari-Agustus 2024. Jumlah tersebut meningkat 11 persen dibanding periode nan sama pada 2023 nan mengangkut 1.819.823 pelanggan.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember mempunyai panjang wilayah dari Stasiun Pasuruan hingga Stasiun Ketapang di Banyuwangi. “Meningkatnya jumlah penumpang selama di Daop 9 Jember selama tahun 2024 tidak terlepas dari berjalannya KA Mutiara Timur serta KA Blambangan Ekspres nan rutenya di perpanjang hingga Jakarta,” kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro dalam keterangan tertulis nan diterima TEMPO, Senin, 9 September 2024.

Cahyo menambahkan, tiga stasiun nan paling banyak digunakan para pengguna di Daop 9 Jember diantaranya Stasiun Jember nan melayani 706.788 penumpang, nan kedua ada Stasiun Banyuwangi Kota melayani 271.360 penumpang, sedang nan ketiga Stasiun Ketapang 213.273 penumpang.

“Dengan 22 perjalanan kereta api nan beraksi di Daop 9 Jember sejak 1 September, KAI bakal terus berkomitmen memberikan pelayanan nan terbaik untuk para pelanggan,” kata Cahyo.

Tidak hanya tentang pelayanan kepada pelanggan, KAI Daop 9 Jember juga mendukung pembangunan berkepanjangan sesuai prorgram pemerintah dan sasaran pembangunan dunia 2030. Dukungan tersebut diwujudkan dengan penggunaan daya bersih dan juga daya terbarukan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa stasiun.

Iklan

“Di Daop 9 Jember sudah terdapat 3 stasiun nan dipasang PLTS, diantaranya Stasiun Jember, Stasiun Ketapang, dan Stasiun Probolinggo. Dan sejak pada Desember 2023, dapat menghemat penggunaan listrik 7-9 persen tiap bulannya” imbuhnya.

Selain itu KAI Daop 9 juga menyediakan water station, ialah perangkat nan bisa memproduksi air layak konsumsi nan saat ini keberadaannya baru tersedia di Stasiun Jember. Hal itu corak kampanye kepada penumpang kereta api untuk ikut berperan-serta dalam pengurangan sampah botol plastik.

“Bagi masyarakat nan berjalan dengan kereta api, kami mengimbau dan membujuk untuk tidak lagi menggunakan botol plastik sekali pakai, tetapi diganti dengan menggunakan tumblr/ botol minum nan bisa dipakai berulang. Jika air nan dibawa habis, bisa di isi di water station di Stasiun Jember alias di stasiun-stasiun lain secara gratis,” ujar Cahyo.

Pilihan editor: Peruri Pastikan Layanan e-Meterai Normal Jelang Batas Pendaftaran CPNS

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis