Ma'ruf Amin Pamit: Mohon Maaf, Semoga Akhirnya Husnul Khatimah

Sedang Trending 1 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ma'ruf Amin pamitan jelang akhir masa tugasnya sebagai Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2024. Ia menyampaikan permohonan maaf.

"Pada kesempatan ini saya minta maaf dan pamit. Sampai 20 Oktober kelak kita sudah selesai, berakhir," kata Ma'ruf di hadapan sejumlah menteri dan kepala wilayah dalam aktivitas Rapat Koordinasi Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun 2024 di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (18/9).

Ma'ruf juga menyampaikan berterima kasih atas kerja sama para menteri dalam melaksanakan beragam tugas negara. Menurut dia, nomor kemiskinan ekstrem di Indonesia bisa nyaris mendekati nomor 0 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Semoga akhirnya husnul khatimah. Mohon maaf atas segala kekurangan. Dan terima kasih atas segala kerjasamanya. Kemiskinan ekstrem bisa nyaris 0 persen. Semoga Allah beri inayahnya dan meridai nan kita lakukan," ucap dia.

Beberapa menteri nan datang seperti Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa berdiri dan bertepuk tangan mendengar pernyataan Ma'ruf tersebut.

Ma'ruf optimistis nomor kemiskinan ekstrem di Indonesia dapat mencapai nol persen di akhir tahun 2024. Merujuk laporan BPS pada Juli 2024, tingkat kemiskinan ekstrem pada Maret 2024 mencapai 0,83 persen, turun dibandingkan Maret 2023 sebesar 1,12 persen.

"Jika tren ini terus berlanjut, kita optimis pada akhir tahun 2024 tingkat kemiskinan ekstrem bakal makin mendekati nol persen," ujarnya.

Ma'ruf mendorong seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah wilayah memperkuat program percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem.

Terlebih, kata dia, pemerintah berencana menyesuaikan garis kemiskinan ekstrem dari $1,9 Purchasing Power Parity (PPP) menjadi $2,15 PPP. Hal ini bakal berakibat pada kalkulasi ulang besaran tingkat kemiskinan ekstrem dengan standar baru tersebut.

Ia menyatakan penghapusan kemiskinan ekstrem kudu dengan memperbaiki kecermatan info program melalui pemanfaatan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

"Lewat perbaikan penyasaran program ini, agar pemerintah wilayah memastikan sasaran penerima program sehingga lebih tepat dalam intervensinya," ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin bakal mengakhiri masa tugas pada 20 Oktober 2024. Selanjutnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka selaku presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024 bakal dilantik.

Prabowo saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Ia juga Ketua Umum Partai Gerindra. Sementara Gibran adalah anak sulung Jokowi.

(rzr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional