Menteri Basuki Hadimuljono Pamit di Hadapan DPR: Mohon Maaf, Please

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pamit di hadapan Komisi V DPR RI, menjelang berakhirnya masa jabatan. Ia menyampaikan salam perpisahan sebelum purna tugas pada 20 Oktober mendatang.

Basuki bercerita, dia selalu merasa mules setiap hendak berangkat rapat kerja alias raker berbareng Komisi V. "Tapi ternyata, raker sangat membantu, mendorong saya sebagai menteri untuk koreksi kepada para pimpinan," tuturnya saat rapat di DPR, Senin, 9 September 2024, dikutip dari kanal YouTube Komisi V DPR RI. 

Mewakili family besar Kementerian PUPR dan balai-balai nan ada di seluruh provinsi, Basuki pun menyampaikan terima kasih atas pengawasan Komisi V.  Menurutnya, apa nan disampaikan Komisi V merupakan perihal nan bermaksud baik.

"Sepuluh tahun telah berlalu, kita berbareng berkarya membangun bangsa. Andai ada kata-kata nan tidak sama, minta maaf, please jangan dipendam," kata Basuki. Ia berambisi silaturahmi dengan mitra kerja kementeriannya itu tetap terjaga. 

Basuki Hadimuljono menjadi Menteri PUPR selama dua periode pemerintahan Presiden Jokowi, sejak 2014  lalu. Basuki juga menjadi orang kepercayaan Presiden Jokowi dalam membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Belakangan, setelah Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mundur pada Juni, Basuki ditunjuk Jokowi sebagai Plt Kepala Otorita IKN.

Basuki merupakan seorang pejabat nan memulai karirnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) Kementerian Pekerjaan Umum. Saat itu, usianya tetap 25 tahun.  Di lembaga ini, Basuki mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister dan ahli dengan danasiwa di Colorado State University, Amerika Serikat.

Iklan

Pria kelahiran Surakarta, 5 November 1954, itu menyelesaikan pendidikan magisternya di usia 35 tahun dan mendapat gelar ahli di usia 38 tahun. Setelah itu, dia pun kembali ke Indonesia dan menjabat beberapa posisi penting.

Mulai dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum untuk periode 2005-2007. Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum, hingga menjadi Direktur Jenderal Penataan Ruang di Kementerian Pekerjaan Umum.

Setelah lebih dari 31 tahun mengabdikan diri untuk Kementerian Pekerjaan Umum, Jokowi akhirnya mengangkat Basuki sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada 2014 lampau dalam Kabinet Kerja Jokowi - JK. Menunjukkan keahlian nan optimal, Basuki pun kembali dipercaya Jokowi untuk menjadi Menteri PUPR untuk kabinet Jokowi Ma’ruf Amin periode 2019-2024.

Andika Dwi berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Terkini: Toyota Raize dan Innova Zenix Viral usai Ditumpangi Paus Fransiskus, Prabowo Naikkan Gaji ASN Tahun Depan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis