PNM Beri Tips UMKM Raih Cuan di Harbolnas

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS  Momentum Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas menjadi angin segar bagi para pelaku upaya UMKM. Potensi untuk meningkatan penjualan dan meraih untung nan lebih besar dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk turut meramaikan penjualan secara online, Senin, 9 September 2024.

Oleh lantaran itu, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebagai lembaga pembiayaan dan pendampingan pelaku upaya ultra mikro di Indonesia memberikan tips raih cuan selama Harbolnas:

1. Optimalkan penggunaan media sosial

Produk UMKM sudah sepatutnya aktif mempromosikan produknya di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Ketiganya efektif untuk memperluas jangkauan pengguna selama Harbolnas.

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary memberikan saran aktivitas nan dapat dilakukan. “Buat konten menarik seperti video karakter produk alias live shopping untuk membangun hubungan dengan calon pembeli,” jelasnya.

2. Hadir di berbagai e-commerce

Selain media sosial, e-commerce juga menjadi platform yang dapat dimanfaatkan untuk menjangkau pembeli nan lebih luas. Apalagi e-commerce menawarkan fitur berbelanja nan variatif. Pastikan foto dan penjelasan produk ditulis secara komplit dan mudah dipahami.

3. Tingkatkan pengalaman berbelanja

Berikan pelayanan nan baik dan pengiriman nan tepat waktu. Pelaku UMKM juga perlu membangun komunikasi nan responsif dan persuasif.

Iklan

“Pengalaman baik nan dirasakan oleh pembeli dapat membikin mereka kembali berbelanja nan tentu berpengaruh terhadap pendapatan,” tambah Dodot.

4. Pastikan kualitas dan persediaan produk cukup

Persiapkan stok produk nan memadai dan pastikan kualitas nan baik. Lakukan pengecekan stok secara rutin dan segera restock produk nan laku manis.

“Bisa juga mempekerjakan tetangga sekitar untuk membantu menyiapkan produk agar tidak kehabisan stok di tengah-tengah ramainya pembeli selama Harbolnas,” ungkap Dodot.

5. Manfaatkan promosi dengan cermat

Diskon dan promosi besar-besaran adalah kunci utama di Harbolnas. Berikan penawaran nan menarik seperti diskon, beli satu cuma-cuma satu, alias paket bundling. Namun, tetap perhitungkan margin untung jangan sampai terlalu murah hingga merugi.

Harbolnas menjadi titik kembali untuk mendorong lebih banyak pelaku upaya skala rumah tangga untuk bisa memasuki bumi digital dan meraih kesuksesan mengembangkan usaha. Dengan bijak memanfaatkan momentum ini, mereka dapat berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan perekonomian family dan masyarakat.(*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis