Presiden Direktur Toshiba Lifestyle Indonesia Jack Ding: Kami Optimistis dengan Pembangunan Pabrik Baru, Branding dan Layanan Purna Jual

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Hanoi - Presiden Direktur Toshiba Lifestyle Indonesia Jack Ding mengatakan optimistis pertumbuhan ekonomi dan daya beli konsumen di Indonesia positif. Hal ini terlihat dari keahlian perusahaan nan tumbuh nyaris 30 persen setelah pandemi. 

Ia mengatakan Toshiba Lifestyle alias Toshiba Home Appliances (peralatan rumah tangga)—merek asal Jepang- bakal  membangun pabrik di Cikarang, Jawa Barat. Dan diharapkan penjualan bakal meningkat dengan berdirinya pabrik baru tersebut. 

Di sela-sela Asia Pacific Toshiba Regional Dealer and Press Conference di Hanoi, Vietnam pada akhir Agustus 2024 lalu, laki-laki lulusan Manajemen Bisnis dari Universitas Amoiensis alias dikenal dengan nama Xiamen University, Cina ini memberikan waktu unik untuk wawancara tentang keahlian Toshiba Lifestyle dan rencana upaya ke depan di Indonesia. 

1. Bagaimana Anda memandang kesempatan pasar di Indonesia setelah pandemi?
Setelah pandemi, Indonesia pulih kembali dengan sigap dan lebih baik dibandingkan dengan negara lainnya di area Asia Pasifik. Hal ini dapat terlihat dari pertumbuhan ekonomi nan tumbuh rata-rata di atas 5 persen secara kuartal. Artinya cukup kuat.

2. Bagaimana keahlian Toshiba Lifestyle setelah pandemi?
Kinerja Toshiba terus tumbuh setelah pandemi, bangkit kembali seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia nan berada di atas 5 persen.  Di Indonesia, keahlian tumbuh nyaris 30 persen.

3. Bagaimana keahlian Toshiba di semester I-2024? 
Cukup baik, tetapi kami sempat mengalami kesulitan mengenai perubahan kebijakan impor pada Maret 2024 lalu. Kami menghadapi masa di mana permintaan tinggi tetapi kekurangan peralatan (shortage period). Namun upaya kami terus bertumbuh. Yakni mendekati 30 persen secara year on year.

4.  Apakah Toshiba Lifestyle bakal membangun pabrik lagi di Indonesia?
Akhir bulan Juli lalu, sudah ada uji coba produksi di Cikarang, dan rencananya kami membangun pabrik untuk produk mesin cuci, lemari es dan peralatan memasak (small appliances). Investor sudah konfirmasi untuk produk-produk tersebut. Dan dipastikan bakal meningkatkan penjualan di masa mendatang.

Selanjutnya baca: Keberlangsungan upaya Toshiba Lifestyle di masa pemerintahan baru
  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis