Satgas BLBI Serahkan Aset Tanah Senilai Rp2,7 Triliun ke 9 Kementerian

Sedang Trending 2 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Satgas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) menyerahkan aset tanah nan telah sukses disita dari para obligor dan debitur senilai Rp2,77 triliun kepada sembilan kementerian dan lembaga.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan serah terima aset dilakukan melalui sistem Penetapan Status Penggunaan (PSP) nan dilakukan Satgas BLBI.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hadi mengatakan melalui serah terima PSP tersebut diharapkan seluruh aset properti eks BLBI nan telah disita dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan negara dan masyarakat.

"Adapun aset nan dilakukan PSP dan buletin aktivitas serah terima nan ditandatangani pada hari ini, nilainya mencapai Rp2,77 triliun alias seluas 989.168 meter persegi," kata Hadi dalam konvensi pers di Jakarta, Jumat (5/7).

Hadi merincikan sembilan kementerian/lembaga nan menerima aset tanah tersebut ialah Mahkamah Agung, Kementerian Pertahanan, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Agama.

Lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Intelijen Negara, Badan Pengawas Pemilu, Badan Pusat Statistik, dan Ombudsman RI.

Ia menjelaskan aset tanah nan telah diterima masing-masing kementerian/lembaga bakal digunakan sebagai instansi pelayanan, rumah dinas, laboratorium, kampus politeknik negeri, hingga gedung penyimpanan peralatan bukti.

"Aset ini kudu segera digunakan oleh Kementerian dan Lembaga, lantaran apa, agar pihak-pihak nan tidak bertanggung jawab tidak lagi menduduki aset tersebut," ujar Hadi.

"Untuk apa, untuk mendukung keahlian maupun sasaran Kementerian lembaga, dalam pelayanan nan optimal kepada masyarakat," imbuhnya.

Satgas BLBI dibentuk lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI.

Seiring berjalannya waktu, info Kementerian Keuangan hingga 30 Mei 2023 mengungkapkan Satgas BLBI telah mencatat perolehan aset dan PNBP dengan jumlah 3.980,62 hektare dan perkiraan nilai sebesar Rp30,659 triliun dari sasaran Rp110,45 triliun nan diincar dari para obligor.

(tfq/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional