Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Pasar Encik Puan Perak Tanjung Pinang

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Batam - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan Pasar Baru Tanjungpinang (Encik Puan Perak) dan penyelenggaraan Instruksi Presiden (Inpres) tentang Pembangunan Jalan Daerah di beragam kabupaten/kota di Kepulauan Riau, Senin, 9 September 2024.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin menegaskan pentingnya pengelolaan dan pemeliharaan pasar serta prasarana jalan nan baik untuk mendukung perekonomian lokal.  

“Pemerintah daerah, pengelola pasar, pedagang, dan masyarakat agar terus menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar untuk jangka panjang. Dengan demikian, pasar ini dapat menjadi jagoan penopang kesejahteraan masyarakat lokal,” ujar Ma'ruf.

Revitalisasi Pasar Baru Tanjungpinang dengan total anggaran Rp 79,8 miliar bermaksud untuk meningkatkan daya saing produk lokal, menyerap tenaga kerja, dan menata lingkungan. Pasar ini diharapkan menjadi pusat pengedaran hasil laut segar, produk kerajinan, dan pangan berbobot nan dapat memperkuat ekonomi lokal.

Selain pasar, Wapres juga menekankan pentingnya pembangunan jalan dalam meningkatkan produktivitas ekonomi dan konektivitas antarwilayah. “Melalui Proyek Inpres Jalan Daerah, pemerintah telah menyediakan alokasi APBN untuk perbaikan jalan area produksi dan industri, termasuk pembangunan 76 kilometer jalan wilayah di 6 kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau,” katanya.

Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas support nyata pemerintah pusat dalam pembangunan prasarana di Kepulauan Riau. 

"Provinsi Kepulauan Riau merupakan 'Permata Biru Ekonomi' nan terus berkontribusi bagi percepatan laju pertumbuhan ekonomi," ujar Gubernur Ansar.

Iklan

Gubernur juga melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Kepri mencapai 5,2 persen pada tahun 2023, tertinggi di Pulau Sumatera, berkah beragam proyek pembangunan termasuk penyelenggaraan Inpres Jalan Daerah. Dengan anggaran Rp 532,3 miliar, proyek ini bakal memperbaiki jalan di 6 kabupaten/kota dan meningkatkan parameter jalan kondisi baik di provinsi ini.

Wapres Ma'ruf Amin menambahkan bahwa digitalisasi perdagangan di pasar-pasar baru juga krusial untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas.

“Di era digital, perdagangan elektronik dan media sosial banyak digunakan untuk menjangkau lebih banyak pembeli. Mari kita dukung transformasi aktivitas ekonomi berbasis teknologi digital ini untuk memperkuat daya saing dan memperluas pangsa pasar,” katanya dalam siaran pers Humas BP Batam.

Kunjungan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ini diharapkan dapat mempercepat beragam proyek pembangunan di Kepulauan Riau dan memastikan bahwa manfaatnya dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya di pulau-pulau mini dan terluar.

Pilihan Editor: ACE Hardware Pergi, AHI Rumuskan Strategi Baru Pengembangan Bisnis

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis