Airlangga Hartanto Dikabarkan Mundur dari Kursi Ketum Golkar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

BREAKING NEWS

CNN Indonesia

Minggu, 11 Agu 2024 11:39 WIB

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua umum DPP Golkar. Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua umum DPP Golkar. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua umum DPP Golkar.

Berdasarkan sumber CNN Indonesia di partai berlogo pohon beringin tersebut, Minggu (11/8), Airlangga memutuskan mundur dari posisi Ketua Umum Golkar pada Sabtu (10/8) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sumber CNN Indonesia juga menyebut permintaan mundur terhadap Airlangga muncul dari pihak eksternal sejak Jumat malam.

CNN Indonesia juga sudah memandang surat pengunduran diri nan ditandatangani Airlangga dengan materai. Tembusan di antaranya ke majelis pengurus dan majelis pertimbangan, majelis pembina Partai Golkar.

Airlangga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar sejak 2017 lalu. Munas Golkar nan digelar di Jakarta pada 2019 lampau mengukuhkan kembali Airlangga sebagai Ketum Golkar selama 2 periode.

Masa kedudukan Airlangga sebagai Ketum Golkar semestinya bakal berhujung pada Desember 2024 bertepatan dengan digelarnya Munas. Munas dijadwalkan bakal digelar pada Desember 2024.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Inovasi DPP Golkar Dito Ariotedjo tak menampik berita tersebut. Ia menilai kemungkinan Airlangga bakal konsentrasi di pemerintahan.

"Kita tunggu ya statement resminya. Mungkin lantaran bakal konsentrasi di pemerintahan dan tantangan ke depan mengenai ekonomi nasional dan dunia semakin banyak dan kompleks," kata Dito kepada CNNIndonesia.com, Minggu (11/8).

Dito pun membenarkan nantinya Golkar bakal menunjuk Plt Ketum untuk mengisi kekosongan kedudukan jika Airlangga mengundurkan diri. Namun, dia mengatakan belum ada sosok nan ditunjuk untuk mengisi bangku Plt Ketum Golkar ini.

"Betul [diisi Plt Ketum]," tambahnya.

Belakangan ini Golkar tengah diterpa rumor Munaslub. Hal ini dibenarkan oleh Ketua Dewan Penasehat DPP Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan nan sempat kaget mendengar rumor Munaslub Golkar untuk menyingkirkan Airlangga sebagai ketua umum.

Luhut mengaku mendengar ada pihak nan mau mendorong Munaslub sebelum Munas nan dijadwalkan bakal digelar pada Desember 2024.

"Teman-teman Golkar seluruh Indonesia, saya Luhut Binsar Pandjaitan, saya agak kaget juga mendengar gonjang-ganjing mengenai partai kita ini, Partai Golkar sebagai aset kerakyatan RI ini nan mau didorong agar ada Munaslub sebelum Munas Desember 2024 ini," kata Luhut dalam sebuah video, Kamis (8/8).

(Tim)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional