Upaya Pemkab Bandung Dorong Kemajuan Daerah melalui Pendidikan Agama

Sedang Trending 1 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bandung, CNN Indonesia --

Pemerintah Kabupaten Bandung terus berupaya mengembangkan perekonomian dan perkembangan wilayah tanpa meninggalkan sisi spiritualitas nan melekat di daerahnya.

Demi mendukung perkembangan wilayah dan mempertahankan spiritualitas, Pemkab Bandung menyelenggarakan program penerapan Muatan Lokal (Mulok) Mengaji bagi anak-anak di wilayahnya.

Khusus program Mulok Mengaji tersebut, Pemkab Bandung memberikan insentif bagi pembimbing ngaji dengan anggaran nan sudah disiapkan sebesar Rp109 miliar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anggaran itu diberikan untuk 17.000 pembimbing ngaji se-Kabupaten Bandung nan mendukung jalannya program Pemkab Bandung.

Hasil dari perkembangan program setelah tiga tahun melangkah melalui penerapan pendidikan muatan lokal mengaji, saat ini sudah 80 persen anak-anak di wilayah tersebut bisa mengaji Al Quran.

Pencapaian program tersebut tentunya terus dipertahankan demi keselarasan dari visi Kabupaten Bandung itu sendiri, ialah "Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bandung nan Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis, dan Sejahtera."

Program tersebut membuat Pemkab Bandung jadi salah satu penerima penghargaan di arena CNN Indonesia Awards Jawa Barat, tepatnya untuk kategori "Outstanding In Religious Educational Development". 

Penghargaan diberikan di malam penganugerahan nan digelar di Trans Luxury Hotel, Selasa (17/9) malam oleh Direktur dan Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna. 

CNN Indonesia Awards adalah arena penghargaan untuk Pemkot/Pemkab, BUMD, hingga pihak swasta nan sukses dengan program dan penemuan terbaik. Dalam penghargaan kali ini, CNN Indonesia Awards mengangkat tema "Jawa Barat Menyala untuk Indonesia Maju."

Malam puncak CNN Indonesia Awards turut dihadiri Jaksa Agung St Burhanuddin, Chairman CT Corp, Chairul Tanjung, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan beberapa tokoh serta pejabat lain.

Profil Kabupaten Bandung

Kabupaten Bandung merupakan kabupaten nan mempunyai posisi strategis, ialah berbatasan langsung dengan Kota Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat.

Wilayah Kabupaten Bandung dikelilingi oleh beberapa gunung, termasuk Gunung Tangkuban Perahu di utara dan Gunung Malabar di selatan. Wilayahnya juga mencakup Situ Patenggang, ialah sebuah waduk alami nan bagus dan menjadi destinasi pariwisata.

Perekonomian Kabupaten Bandung ditopang oleh beberapa sektor utama, seperti industri manufaktur nan banyak terletak di Majalaya, Rancaekek, dan Dayeuhkolot, lampau ada pertanian, pariwisata, perdagangan dan jasa.

Sampai saat ini, pemerintah wilayah Kabupaten Bandung tetap terus berupaya mengatasi tantangan-tantangan di wilayahnya melalui beragam program pembangunan berkepanjangan dan penataan wilayah agar semakin baik.

(avd/fef)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional