AMSI Awards 2024: 11 Media Dapat Penghargaan, Tempo Menangkan Dua Kategori

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) memberi penghargaan kepada 11 media dalam AMSI Awards 2024. Tempo mendapat dua penghargaan untuk kategori Media Skala Besar dengan Inovasi Program Audience Engagement dan Reader Revenue terbaik serta Media Skal Besar dengan Inovasi Program Kampanye Media Sosial Terbaik.

Ketua Umum AMSI, Wahyu Dhyatmika, mengatakan AMSI Awards 2024 merupakan apresiasi kepada media siber nan gigih mentransfotmasi diri dan tumbuh menjadi media dengan kewartawanan berbobot dan upaya nan sehat. Adapun tahun ini merupakan tahun kelima AMSI memberi penghargaan kepada media.

“Kami niatkan menjadi sebuah event penghargaan bagi media nan berjuang, bereksperimen, berinovasi, effort terbaik dalam setahun terakhir,” kata Wahyu saat penganugerahan AMSI Awards 2024 di Jakarta, Kamis, 29 Agustus 2024, dikutip dari keterangan tertulis.

Penghargaan AMSI Awards 2024  diberikan saat industri media saat ini dalam kondisi tidak baik-baik saja. Wahyu menuturkan, ada sejumlah tantangan dan halangan nan dihadapi media saat ini. Ia pun menyebut AMSI Awards menjadi bukti resiliensi di tengah kondisi media-media nan terus berjuang uuntuk tetap hidup. "Media digital AMSI disatukan untuk kemauan menghadirkan info kredibel, terverifikasi, terkonfirmasi," ujarnya.

Ketua Panitia AMSI Awards 2024, Adek Media Roza, menyebut AMSI Awards 2024 berbeda dengan tahun lampau lantaran tidak lagi mengkategorikan media nasional dan media lokal. Sebab, kedua jenis media itu sekarang bisa diakses dari mana saja. Walhasil, tahun ini AMSI menetapkan kategori menjadi media besar dengan jumlah personel lebih dari 50 orang dan media mini dengan jumlah personel kurang dari 50 orang.

“Kami tidak menilai konsentrasi penemuan pada media tersebut,” kata Adek. “Kini kami menyoroti program inisiatif alias penemuan nan memang dianggap berdampak, baik itu untuk bisnis, engagement, konten, dan juga mengenai peningkatan kualitas jurnalistik.”

Ketua Dewan Pers  Ninik Rahayu menyebut semua peserta awards merupakan peserta AMSI dari 28 provinsi. Meski mempunyai keragaman kapasitas, dia berujar, media-media ini mempunyai kesamaan misi. ”Mereka mendukung kewartawanan berbobot dan upaya media nan sehat untuk keberlanjutan media, sekaligus ekosistem info nan baik bagi publik,” tutur Keua Dewan Juri AMSI Awards 2024 itu.

Lebih lanjut ihwal penilaian, Ninik menjelaskan, ada dua juri awal dan juri akhir. Juri awal bekerja memproses shortlist dari pendaftaran nan diterima hinggi terpilih kandidat nan masuk kategori finalis. Sedangkan juri akhir bekerja memberikan skoring akhir dan menentukan pemenang sesuai dengan kualifikasi nan sudah didiskusikan bersama.

Iklan

Selanjutnya: Adapun berikut daftar media penerima penghargaan AMSI Awards 2024....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis