Analis Anggap Kominfo Punya Akses Penuh Jika Ingin Cari Tahu Pemilik Akun Kaskus Fufufafa

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Analis IT dari ICT Institute Heru Sutadi menyoroti polemik akun Kaskus Fufufafa nan disinyalir milik Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka nan penuh dengan status kebencian dan homofobik ke pelbagai pihak.

“Siapa sebenarnya Fufufafa ada di tangan Menkominfo, lantaran Kominfo punya perangkat komplit menelusuri jati diri Fufufafa,” kata dia saat dihubungi, Kamis, 12 September 2024.

Heru menuturkan Kominfo semestinya menelusuri server Kaskus untuk mengetahui akses, lokasi, serta waktu di mana akun Fufufafa aktif di Kaskus. Menurut dia, Kominfo bisa saja menelusuri IP Adress akun Fufufafa.

“Dari IP-nya bakal ketahuan itu akses dari mana, apakah rumah alias ponsel, dan posisi di mana. Dari IP juga bakal bisa didapat info siapa nan berlanggan LAN internet rumah alias ponsel dimaksud,” kata Heru.

Kominfo, kata Heru, punya akses memasuki semua pihak terkait, baik Kaskus, penyelenggara internet, dan lain-lain. “Tinggal kemauan dan dirasa krusial alias tidak mengungkap jati diri Fufufafa. Kalau misal menyebut bukan si A, artinya Kominfo sudah memegang info bahwa pelaku si B alias si C,” katanya.

Sebab itu, dia meminta agar Menkominfo Budi Arie Setiadi membukanya secara terang benderang dan jujur siapa pemilik akun Fufufafa. “Tentu saja kudu berbasis info temuan. Muncul di X kan ada nan mendorong dan kemudian viral di media sosial,” ujarnya.

Sementara Budi Arie menegaskan akun Kaskus Fufufafa bukan milik anak sulung Presiden Jokowi.

Iklan

“Enggak, bukan (milik Gibran). Saya jelasin di DPR ya. Bukan. Nanti lagi dicari, pasti ketahuan. nan pasti bukan punya Mas Gibran,” kata Budi Arie kepada awakmedia di Kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat pada Kamis, 12 September 2024.

Menurut Budi Arie, timnya di Kominfo tengah mengecek dan menyimpulkan sementara akun Fufufafa bukan milik anak sulung Presiden Jokowi.

“Ada dari tim melakukan pengecekan. Nanti kami umumkan jika ketahuan siapa nan punya (akun Fufufafa). Tapi nan pasti bukan punya mas Gibran. Lagi dikerjakan. Lagi ditelusuri,” kata Budi.

Temuan terbaru merebak di akun X @kiqi01 mengunggah info tentang Fufufafa nan mengomentari sebuah utasan Kaskus pada 13 Juni 2014. Dalam unggahan di Kaskus itu tertulis Andi Arief: Jokowi 'Sembunyikan' Anak Pertamanya. Akun Fufufafa menyambut pernyataan itu dengan mengatakan dirinya tak bersembunyi.

"sini lo nj*ng gw gak ngumpet," balas akun Kaskus Fufufafa. Kian menjadi sorotan setelah dibagikan kembali oleh akun X @kafiradikalis. Namun, Budi Arie tetap mengatakan akun Fufufafa bukan milik Gibran.

Pilihan Editor: Sistem Pembayaran Paylater Ternyata Lebih Banyak Digandrungi Laki-laki dan Orang Sudah Menikah

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis