Analis: Rupiah Besok Bergerak Fluktuatif, Ditutup Menguat di Rp 15.350 hingga Rp 15.460

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Analis sekaligus Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi memproyeksikan rupiah bakal bergerak naik turun besok hari. “Sedangkan untuk perdagangan besok, mata duit rupiah fluktuatif, namun ditutup menguat direntang Rp 15.350 hingga Rp 15.460 (per dolar AS),” kata Ibrahim dalam kajian rutinnya pada Kamis. 

Nilai mata duit rupiah terhadap dolar AS ditutup melemah tipis 1,5 poin di level Rp 15.423,5 pada perdagangan Kamis sore, 29 Agustus 2024. Di penutupan Rabu, rupiah tercatat berada di level Rp 15.422 per dolar AS. 

Indeks dolar AS hari ini menguat terhadap mata duit lainnya, Ibrahim menuturkan, lantaran pelaku pasar konsentrasi pada info inflasi utama dari ekonomi terbesar di bumi untuk mendapatkan petunjuk tentang besarnya potensi pemangkasan suku kembang oleh The Federal Reserve alias The Fed pada September mendatang. 

Komentar dovish terbaru dari The Fed memperkuat ekspektasi untuk penurunan suku kembang pada bulan September, nan menjadi pertanda baik bagi pasar saham. Fokus minggu ini, jelas Ibrahim, adalah pada info Produk Domestik Bruto AS dan info indeks nilai shopping individual namalain PCE, nan merupakan pengukur inflasi pilihan the Fed, untuk isyarat ekonomi lainnya.

Ibrahim melanjutkan, pasar memperkirakan kesempatan sekitar 63,5 persen untuk pemangkasan suku kembang AS sebesar 25 pedoman poin pada bulan September, dan kesempatan 36,5 persen untuk pemangkasan sebesar 50 pedoman poin, menurut perangkat CME FedWatch.

Selanjutnya: Sementara di dalam negeri, Ibrahim menuturkan, Bank Indonesia (BI).... 

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis