Baleg Sebut RUU Kementerian Akan Sah Sebelum 30 September: G30SDPR

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 09 Sep 2024 18:29 WIB

Wakil Ketua Baleg mengatakan RUU Kementerian bakal disahkan sebelum 30 September. "G30SDPR, lantaran tanggal 1-nya (Oktober) sudah periode nan baru," kata dia. Wakil Ketua baleg DPR Achmad Baidowi alias Awiek menjelaskan hasil rapat berbareng pemerintah, Jakarta, Senin (9/9). (CNNIndonesia/Arief Bimaputra)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Baidowi mengatakan RUU Kementerian Negara bakal disahkan paling lambat dalam rapat paripurna DPR sebelum 30 September mendatang.

"Maksimal (disahkan) tanggal 30 September. G30SDPR, lantaran tanggal 1-nya (Oktober) sudah periode nan baru," kata Awiek, sapaan akrabnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, (9/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski begitu, Awiek menyebut DPR tak menutup kesempatan RUU Kementerian Negara dapat disahkan dalam waktu dekat.

Terpenting, kata dia, pengesahan RUU itu dilakukan sesuai agenda rapat paripurna nan telah teragendakan dilakukan tiap hari Selasa dan Kamis.

"Bisa jadi di paripurna ini jika keburu jika enggak keburu ya paripurna minggu depan," ujar politikus PPP itu.

Di sisi lain, Awiek tak menjawab dengan tegas mengenai tanggapan beredar nan menyebut pembahasan RUU ini terlalu terburu-buru.

"Ya, kita jika lambat dimarahin, lambat membahas Undang-Undang, jika sigap dimarahin, dikomplain, kelak dilaporkan lagi," ujar dia.

Saat ini pembahasan RUU Kementerian Negara tengah berada dalam tahap pembahasan Tim Perumus (Timus) dan Tim Sinkronisasi (Timsin).

Sebelumnya, Baleg dan Pemerintah juga telah bermufakat mengusulkan agar presiden mempunyai kebebasan penuh untuk menambah jumlah kementerian dan memecah lembaga kementerian.

Hal ini disepakati dalam rapat panitia kerja (panja) baleg tentang RUU Kementerian Negara Senin (9/9) ini.

"Fleksibilitas, ketika kelak ada penambahan-penambahan jumlah kementerian alias pemecahan lembaga di dalam kementerian itu sendiri," kata Awiek di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin ini.

(mab/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional