Bandara IKN Sudah Siap, Tes Pendaratan Pesawat di Runaway Mulus

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 12 Sep 2024 12:28 WIB

Pesawat jet nan membawa Menhub Budi Karya Sumadi melakukan uji pendaratan perdana dan sukses mendarat di runway Bandara IKN dengan selamat. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) berbareng Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kiri) usai menyaksikan uji coba landasan pacu Bandara VVIP IKN di Kalimantan Timur. (ANTARA/HO-Humas Kemenhub)

Jakarta, CNN Indonesia --

Istana Kepresidenan mengungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melakukan uji pendaratan perdana di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (12/9).

"Hari ini test landing perdana pesawat jet mendarat di Bandara IKN," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangannya Kamis (12/9).

Hasilnya, pesawat jet longitude milik Balai Kalibrasi sukses mendarat di runway Bandara IKN dengan selamat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pesawat tersebut terbang dengan kecepatan ground speed 480 NM/jam alias 880 km/jam alias sudah setara dengan kecepatan pesawat narrow body seperti Boeing 737 alias Airbus 320.

"Itu juga bagian dari test landing sebelum pesawat kepresidenan nantinya bakal mendarat di Bandara IKN," ujar Yusuf.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengungkap Bandara IKN di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sudah siap menyambut dan melayani kehadiran Jokowi.

Adita mengatakan tahap verifikasi dan kalibrasi telah selesai dilakukan sehingga keamanan dan keselamatan penerbangan sudah dapat dipastikan.

"Verifikasi sudah dilakukan pada 8-9 September 2024, kemudian kalibrasi sudah dilakukan pada 10 September 2024. Dengan begitu, Bandara IKN sudah dapat digunakan untuk kunjungan kerja presiden pekan ini," kata Adita dalam keterangannya.

Adita menjelaskan Bandara IKN merupakan airport nan digunakan untuk mendukung pelayanan aktivitas pemerintahan dan konektivitas di IKN dengan runway sepanjang 2.200 x 30 meter.

Progres pembangunan terminal VVIP menurutnya telah mencapai lebih dari 90 persen dan terminal VIP nyaris mencapai 80 persen.

Jalan utama airport nan nantinya bakal menunjang akses dari dan menuju airport nyaris siap 100 persen. Sementara itu, pembangunan akomodasi penunjang berupa tower ATC, gedung manajemen dan operasional, serta Gedung PKP-PK terus dikebut.

Adita menyebut pembangunan Bandara IKN ini menyesuaikan konsep besar IKN ialah berorientasi pada alam dan ramah lingkungan. Konsep kreasi airport memadukan unsur kearifan lokal nan menonjolkan budaya Kalimantan dengan unsur modern.

(khr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional