Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Dikirab dari Monas ke Halim

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 10 Agu 2024 08:55 WIB

Bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi dikirab dari Monumen Nasional ke Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (10/8). Bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi dikirab dari Monumen Nasional ke Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (10/8). (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).

Jakarta, CNN Indonesia --

Bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi dikirab dari Monumen Nasional (Monas) ke Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (10/8).

Dua barang itu dipindahkan menjelang upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan 17 Agustus. Pengiriman dilakukan dari Monumen Nasional, Jakarta sekira pukul 08.30 WIB.

Pantauan CNNIndonesia.com, rombongan pembawa bendera pusaka dan teks proklamasi menggunakan kendaraan taktis (rantis), Maung, pasukan berkuda dan kirab irama namalain marching band.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Warga nan terdiri dari anak-anak dan orang dewasa berdiri di pinggir Jalan Medan Merdeka Barat mengenakan baju dominan merah, sembari menggenggam bendera merah-putih untuk ikut meramaikan kirab tersebut.

Kirab ini juga diramaikan oleh sejumlah masyarakat nan tengah melakukan aktivitas olahraga di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat.

TransJakarta tetap mengalir normal saat rombongan kirab berjalan. Namun sejumlah ruas jalan dari Monas menuju Lanud Halim sementara ditutup.

Pemerintah menugaskan empat orang Purna Paskibraka Indonesia (PPI) 2023 dalam kirab itu. Mereka bakal membawa dua barang itu dari Jakarta ke IKN.

Dari Halim, dua barang berhistoris itu diterbangkan ke IKN. Lalu kirab bersambung ke Istana Negara IKN.

(chan/agt)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional