Bos BCA Prediksi The Fed Pangkas Suku Bunga 25 Basis Poin Bulan Depan, Ini Sebabnya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) Haryanto T. Budiman memproyeksikan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) alias The Fed bakal memangkas suku bunga referensi pada September 2024. Hal ini disampaikannya saat ditemui usai konvensi per BCA Wealth Summit 2024 di Ramayana Terrace, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Haryanto memperkirakan, The Fed bakal menurunkan suku kembang sebesar 25 pedoman poin pada pemangkasan pertama. "Ada nan menyampaikan bakal turun 25 pedoman poin, ada nan mengatakan bakal turun 50 pedoman poin. Kalau saya pribadi, kemungkinan 25 pedoman poin, lantaran itu adalah nan pertama," katanya.

Dia menambahkan, The Fed sebelumnya menyatakan bakal berupaya menekan inflasi. Satu poin nan sangat disoroti bank sentral adalah tingkat pengangguran alias unemployment.

"Karena unemployment, dia (The Fed) memandang ada sedikit pemburukan, tapi pemburukan nan kemarin sebenarnya juga disebabkan lantaran musibah alam, ada hurricane."

Haryanto menekankan, The Fed independen dan bakal mengambil keputusan berasas info nan dihimpun. Namun, Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan dia bakal serius mengatasi masalah tenaga kerja. "Jadi, jika memang kondisi employment-nya memburuk, saya rasa dia tidak segan-segan untuk lebih agresif," ujarnya.

Iklan

Menurut dia, The Fed tidak mungkin bakal langsung memangkas suku kembang secara besar-besaran alias signifikan. "Tapi untuk sementara waktu, dia pasti bakal mulai (pemangkasan suku bunga) mini dulu, gak mungkin langsung agresif."

Hal senada disampaikan oleh Head of Macroeconomic and Financial Market Research PT Bank Mandiri Tbk Dian Ayu Yustina. Ia menyebut ekspektasi pasar saat ini adalah The Fed bakal menurunkan suku bunganya.

"Sebagian turun 15 pedoman poin, sebagian turun 50 bps, even bigger, tapi tidak ada nan expect akan stay,” ujar Dian, seperti dikutip dari Antara. Dengan begitu, suku kembang The Fed diperkirakan mencapai kisaran 4,25 sampai 4,5 persen pada akhir tahun, sehingga turun total 100 pedoman poin dari posisi saat ini di level 5,5 persen.

Pilihan Editor: Celios Sebut Pemangkasan Suku Bunga Acuan The Fed Pertanda Kurang Baik, Ada Ancaman Resesi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis