Bos Sang Pisang Kaesang Sudah Pegang Surat Tidak Pernah Dipidana untuk Pilkada Jateng, Bagaimana Kelanjutannya?

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pemilik upaya start up Sang Pisang, Kaesang Pangarep, telah mengantongi surat belum pernah dipidana untuk maju Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah 2024. Kaesang, putra bungsu Presiden Jokowi, adalah Ketua Umum PSI.

"Betul Kaesang sudah mengurus surat keterangan belum pernah dipidana ke PN Jaksel. Persyaratan pencalonan sebagai Wagub Jateng," kata Pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Djuyamto kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2024.

Djuyamto mengatakan permohonan surat keterangan atas nama Kaesang itu dikeluarkan pada 20 Agustus 2024. Surat keterangan tidak pernah sebagai terdakwa itu juga dimohonkan beserta keterangan lainnya.

"Surat keterangan tidak pernah sebagai terdakwa, surat keterangan tidak sedang dicabut kewenangan pilihnya dalam daftar pemilih dan surat keterangan tidak mempunyai tanggungan utang secara perorangan alias badan hukum," ujarnya.

Dia menyatakan surat nan dikeluarkan oleh PN Jakarta Selatan telah sesuai patokan mengenai jasa surat keterangan nan dimohonkan oleh masyarakat. "Memang SOP kami adalah diproses pada hari itu juga," ujarnya.

Kaesang, nan lahir 25 Desember 1994, baru berumur 29 tahun saat pendaftaran calon gubernur/wakil gubernur sehingga tidak sah menurut Undang-undang Pilkada. Namun Mahkamah Agung pada 29 Mei 2024, memerintahkan KPU membolehkan calon nan berumur 30 tahun saat pengangkatan.

Namun Mahkamah Konstitusi pada 20 Agustus 2024 menolak mengubah syarat umur dalam Pilkada, sehingga memupus angan Kaesang.

Badan Legislatif DPR kemudian berupaya mengesahkan RUU Pilkada nan memungkinkan calon belum berumur 30 tahun mendaftar asal ketika ditetapkan sebagai pemenang sudah berumur 30 tahun. Namun upaya fraksi-fraksi selain PDI Perjuangan itu kandas lantaran sidang paripurna pada 22 Agustus tidak memenuhi kuorum.

Sementara di luar Gedung DPR dan di sejumlah kota di Indonesia, massa menggelar demo menolak pengesahan RUU Pilkada itu. DPR pada Kamis petang, 22 Agustus 2024, akhirnya menyatakan pengesahan batal dan Pilkada mengiktui putusan MK.

KPU RI menegaskan bahwa putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai pilkada, ialah syarat usia calon kepala wilayah dan periode pemisah pencalonan, bakal terus dipedomani hingga penetapan pasangan calon (paslon).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan pengesahan revisi UU Pilkada batal dan saat pendaftaran calon kepala wilayah dalam Pilkada pada 27 Agustus 2024, nan bakal bertindak adalah keputusan "judicial review" Mahkamah Konstitusi (MK) nan mengabulkan gugatan Partai Buruh dan Partai Gelora.

Bisnis Kaesang

Kaesang Pangarep (kanan) dan Gibran Rakabuming saat demo masak "Sang Pisang vs MARKOBAR di Jakarta, 11 Maret 2018. Bisnis ‘Sang Pisang’ nugget milik Kaesang Pangarep diresmikan awal Desember 2017 dengan empat gerai unik di Jakarta. Sementara Markobar telah berekspansi ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan. TEMPO/Amston Probel

Kaesang, lulusan Singapore University Of Social Science, memulai upaya pada 2017 dengan membuka upaya kaus dengan merek Sang Javas dengan tema tokoh Kecebong, olok-olok untuk pendukung Jokowi, nan kebetulan kegemaran memelihara katak.

Iklan

Gambar animasi kocak kecebong  sempat ngetop. Setelah itu, dia mulai masuk ke upaya kuliner dengan mendirikan Sang Pisang, nan unik menjual olahan pisang.

Bisnis kuliner Kaesang ini terbilang cukup diminati, Sang Pisang misalnya apalagi sukses membuka gerainya di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2019. Kemudian, ada Enigma Camp nan merupakan wadah training programmer nan didirikan pada 2017. Enigma konsentrasi pada upaya nan menyediakan IT Bootcamp dan IT Talent management untuk menyiapkan programmer siap kerja.

Kendati demikian, sebagian besar upaya Kaesang merugi, tepatnya nan bergerak di bagian food and beverage (F&B) alias upaya makanan dan minuman. Ia pun sempat menanggapi soal bisnisnya nan disebut bangkrut. Menurut dia, upaya nan rugi kudu ditutup dulu.

"Ya namanya rugi ya pasti kami kudu tutup dulu, terus kita baru kasih waktu dulu untuk rejuvenate kan," kata Kaesang saat ditemui Tempo usai konvensi pers KIG Live di Jakarta pada Selasa, 19 September 2023.

Adapun sejumlah upaya Kaesang nan gulung tikar, di antaranya upaya Ternakopi nan dirilis pada April 2019. Ternakopi berfokus menjual kopi kekinian nan menggunakan biji kopi dari beragam wilayah nusantara. Sayangnya, upaya minuman milik Kaesang Pangarep ini ditutup sementara dan direncanakan bakal melakukan rebranding.

Kemudian ada Goola, upaya produk minuman tradisional unik Indonesia seperti es doger nan dikemas modern. Gaola sebelumnya adalah upaya milik Gibran nan diserahkan kepada Kaesang. Sayangnya, upaya ini tampaknya sudah tidak melangkah sejak November 2020.

Masih di bagian kuliner, Kaesang juga membentuk merek Siap Mas. Usaha ini menghadirkan produk minuman dan makanan ringan dengan beragam merek berbeda, seperti Kemripik, Ngedrink, serta Pik Kripik. Namun, upaya ini terlihat sudah tidak aktif. Selain unggahan terakhir di media sosial pada 3 Oktober 2020 lalu, sejumlah produk dari Siapmas juga sudah tidak terlihat di minimarket terdekat.

Pada Desember 2017, Kaesang meluncurkan aplikasi Madhang untuk menjembatani ibu-ibu nan jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini pun diklaim sukses membantu banyak ibu rumah tangga untuk berdikari secara finansial. Namun, upaya ini tampaknya telah gulung tikar lantaran media sosial Instagramnya juga sudah tidak beraksi sejak 2020 lalu.

Ada juga iColor nan bergerak di bagian jasa perbaikan (service) produk buatan Apple, seperti Macbook, iPhone, iMac, dan iPad. MangkokKu upaya nan dibangun dengan bekerja-sama berbareng jurumasak profesional, Arnold Poernomo. Ada upaya konveksi Tugas Negara Bos nan dijual di Tokopedia.

Lalu, Markobar menjadi upaya Kaesang paling terkenal hingga saat ini. Seperti namanya, upaya ini menjual produk makanan berupa martabak nan mempunyai beragam jenis topping. Tak hanya itu, tetap banyak upaya lainnya seperti Kerjaholic, Let’s Toast, Enigma Camp, Hompimpa Games, Chili Pari, Truz Official, dan Ternak Lele nan tetap eksis.

KHUMAR MAHENDRA | ANTARA

Pilihan Editor Ini Wilayah nan Menyimpan Potensi Gempa Megathrust dari Samudera Hindia sampai Himalaya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis