BRI Terima Penghargaan Anugerah ESG Republika 2024

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI mendapatkan apresiasi berupa penghargaan dalam kategori Community Empowerment and Development pada arena Anugerah ESG Republika 2024 nan digelar di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Kamis, 19 September 2024. Hadir langsung Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan ini diberikan sebagai corak apresiasi atas upaya BRI dalam mengintegrasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam strategi bisnisnya. Emiten bersandi BBRI ini telah mencatatkan beragam pencapaian spesial dalam penerapan ESG.

Pada 2024, terdapat peningkatan signifikan pada ranking ESG BRI oleh S&P dari 63 menjadi 75 nan merupakan skor tertinggi di industri perbankan Indonesia. Berkolaborasi dengan Morningstar Sustainalytics, BRI sukses menurunkan ESG Risk Rating secara konsisten. Selama dua tahun berturut-turut, BRI mempertahankan status Low Risk dengan skor terbaru 17,8. Pengakuan ini menunjukkan komitmen BRI terhadap praktik keberlanjutan telah diakui oleh lembaga pemeringkat internasional.

Sementara itu, Republika memberikan apresiasi kepada perusahaan dan lembaga nan telah sukses menerapkan prinsip-prinsip ESG dengan baik melalui Anugerah ESG Republika. Pendaftaran untuk penghargaan ini dibuka dari 25 Juli hingga 7 September 2024, dan dinilai oleh majelis juri nan mempunyai kepakaran di bagian ESG.

Direktur Republika Nur Hasan Murtiaji, mengatakan bahwa penerapan ESG merupakan langkah strategis nan tidak hanya berorientasi pada keberlangsungan bisnis, tetapi juga berkedudukan dalam pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan sosial.

Hasan menekankan bahwa ESG adalah pilar krusial untuk keberlanjutan upaya nan menekankan pentingnya menjaga lingkungan, memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat, serta memastikan kepatuhan terhadap tata kelola perusahaan nan baik. "Mengimplementasikan praktik ESG berfaedah berkomitmen pada keberlanjutan ekonomi," ujar Hasan.

Hasan mengatakan, Anugerah ESG Republika merupakan langkah awal dalam mengarusutamakan penerapan ESG di Indonesia. “Kami berharap, penghargaan ini memotivasi lebih banyak perusahaan untuk mengangkat praktik upaya berkepanjangan nan mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan ramah lingkungan.”

Acara Anugerah ESG Republik 2024 turut dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Energidan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. Anugerah ESG Republika 2024 ini merupakan bagian dari kampanye “Sehati untuk Bumi” nan diinisiasi oleh Republika untuk mendorong lebih banyak perusahaan mengangkat praktik upaya berkepanjangan nan berfokus pada kelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial.(*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis